Berada di Akhir Zaman, Prioritas Resolusi 2021 Mendekat Pada Tuhan

Vallesca Souisa | 4 Januari 2021 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tak terasa tahun telah berganti. Kini kita berada di tahun 2021, meninggalkan banyak pengalaman manis pahit di tahun 2020, di tengah momok Pandemi. Harapan semua orang, tahun 2021 akan menjadi lebih baik.

Dan di masa pergantian tahun, orang biasanya sibuk bertanya tentang resolusi. Apa resolusi-mu di tahun 2021? Beragam jawaban pun mengalir dari mulut kita. 2021 mau langsing, 2021 mau naik jabatan, 2021 mau nikah, 2021 mau punya rumah baru. Ya, boleh-boleh saja orang memiliki resolusinya masing-masing. Tetapi kemudian, saya mengingat kembali awal tahun 2020, kita juga membuat banyak resolusi di awal tahun lalu, bukan? Bagaimana dengan resolusi itu? Dalam sekejap beberapa rencana itu luluh lantak oleh kehadiran virus bernama Corona.

Siapa yang mengira, virus yang tak terlihat ini bisa begitu mematikan. Tidak hanya mematikan nyawa seseorang, tetapi mematikan bisnis secara mendunia. Kita tidak tahu apalagi yang akan kita hadapi di hari-hari mendatang, tetapi hari ini setidaknya kita bisa bersyukur dulu, masih bisa menghirup udara 2021, masih bisa bertemu keluarga dan teman di tahun yang baru. Meski kata banyak orang tahun 2020 sulit, banyak PHK, banyak pemotongan gaji, nyatanya saya dan Anda bertahan hingga di tahun 2021.

Orang bisa menganalisa, bisa memprediksi, bisa menerawang, bisa meramal, tetapi sesungguhnya yang memegang rancangan kehidupan adalah Tuhan. Manusia bisa berencana, tetapi Tuhan yang berkehendak. Ya, Pandemi bisa berakhir sekarang, bila Tuhan berkehendak demikian. Dan Pandemi ini juga bisa berlanjut, atau malah memburuk bila Tuhan menginginkan demikian.
Di malam pergantian tahun, 31 Januari 2020 lalu, saya berbincang dengan peramal tarot seleb, Meike Rose. Adalah sebuah rutinitas yang biasa kami lakukan di redaksi menjelang pergantian tahun. Tahun 2021 dalam penerwangannya, memang ada beberapa hal yang baik, tetapi juga ada yang kurang baik. Industri kreatif tetap hidup, malah kian marak. Kreatifitas tinggi serta kerja keras dituntut di tahun kerbau logam ini.

Usaha-usaha mandiri atau UMKM semakin banyak dan akan berkembang baik di tahun 2021. Vaksin kita tahu sudah ditemukan. “Tetapi vaksin ini bukan untuk menyembuhkan, vaksin ini sifatnya mencegah, menahan angka korban covid,” ungkap Meike Rose. Dalam obrolan via telepon itu, ia juga mengatakan bahwa konflik-konflik akan semakin tinggi. Semakin banyak tekanan dalam kehidupan. Hati-hati dengan perselingkuhan.

Yang mungkin perlu diwaspadai, “Virus baru, jenis-jenis baru akan keluar. Saat ini saja kan covid sudah bermutasi.” Tantangan makin banyak. “Namanya akhir zaman. Ini adalah bagian dari skenarion Tuhan yang harus kita lalui,” lanjut Meike Rose. Akan ada penolong, pada saatnya. Tetapi kita harus melalui yang mungkin tidak enak dulu. Menurut Meike, ini seperti masa penyaringan.

Seperti juga perbincangan kami melalui LIVE INSTAGRAM 12 Oktober 2020, Meike mengingatkan, masa-masa ini adalah masanya kita kembali mendekatkan diri kepada Tuhan, menjalin relasi yang baik dengan-Nya. “Ini adalah masa dimana kita hanya bisa menggantungkan diri kita kepada Tuhan.”

Jadi, kalau ada yang bertanya pada saya dan Anda: apa resolusi tahun 2021? Maka saya akan menjawab, resolusi pertama tahun 2021 adalah mendekat pada Tuhan. Kalau kita dekat dengan pemiliki alam semesta, yang berkuasa atas segala yang terjadi dalam kehidupan ini, maka saya percaya, rencana-rencana kita, satu per satu akan diberi jalan. Dan sekalipun kita harus melalui rintangan sulit , saya percaya kita pasti bisa melaluinya. Sebuah sabda berkata, bahwa dalam kelemahan-lah, Kuasa Tuhan menjadi sempurna (2 Korintus 2:9). Tetap semangat, jangan gentar hadapi hari-hari 2021.

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait