Cara Pandji Pragiwaksono Hilangkan Rasa Takut Sebelum Naik Panggung

Yohanes Adi Pamungkas | 22 Maret 2018 | 19:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tahun 2018 ini Pandji Pragiwaksono akan menggelar “Pragiwaksono Stand Up Comedy World Tour” di Filipina, Tiongkok, Jerman dan Belanda. Rangkaian tur ini akan ditutup di Jakarta pada Januari tahun depan. Dikenal sebagai salah satu orang yang mempopulerkan industri stand up comedy di Indonesia, Pandji Pragiwaksono ternyata masih mengalami deg-degan atau ketakutan menjelang naik panggung.

“Tentu tekanan sebelum naik ke panggung masih saya rasakan sampai sekarang. Apakah materi lawakan saya lucu atau enggak. Karena saya memikirkan psikologis penonton, mereka datang sudah membeli tiket jadi saya harus menghibur mereka,” ujar Pandji Pragiwaksono saat berbincang belum lama ini di Jakarta.

Pandji Pragiwaksono mengungkapkan selain takut materi lawakannya tidak lucu, untuk mengusir demam panggung, ayah dua anak ini wajib melakukan beberapa hal agar konsentrasinya terjaga saat tampil di atas panggung stand up comedy. “Saya harus tidur siang dulu, setelah itu saya berangkat ke venue,” kata Pandji Pragiwaksono.

Sesampainya di venue, Pandji Pragiwaksono memilih menyepi untuk tidak melakukan hal-hal yang membuat energinya terkuras habis. “Enggak ada waktu foto-foto, ketemu media buat wawancara. Saya biasanya ada di dalam pojok sebuah ruangan sambil mendengarkan musik untuk menenangkan hati dan pikiran saya,” bilang Pandji Pragiwaksono.

Terkadang Pandji Pragiwaksono menyempatkan menonton komika sebelum dirinya pentas dari sudut belakang panggung. “Yang namanya grogi pasti ada karena sebagai seorang komika kita melakukan show tunggal, cuma kita bintangnya kan enggak ada orang lain. Yang penting persiapan materi harus maksimal,” tutup Pandji Pragiwaksono.

(han / wida)

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor: Yohanes Adi Pamungkas
Berita Terkait