Pasca Bom di Surabaya, 4 Negara Ini Umumkan Travel Advice di Indonesia

Andira Putri Senin, 14 Mei 2018 19:50:00
Pasca Bom di Surabaya, 4 Negara Ini Umumkan Travel Advice di Indonesia (Twitter)

TABLOIDBINTANG.COM - Ledakan bom yang terjadi di beberapa tempat daerah Surabaya, Jawa Timur pada Minggu (13/5) dan Senin (14/5) turut mempengaruhi industri pariwisata Indonesia.

Beberapa negara telah mengumumkan travel advice di Indonesia. Travel advice merupakan bentuk peringatan dari pemerintah negara tertentu kepada warga yang tengah menetap di Indonesia.

Travel advice berbeda dari travel warning. Sebutan terakhir mengacu kepada larangan bagi warga suatu negara untuk berkunjung ke Indonesia.

Ada empat negara yang mengumumkan travel advice di Indonesia pasca bom Surabaya. Berikut daftarnya:

1. Australia

Kementerian Luar Negeri Australia menyatakan travel advice di Indonesia lewat situs smartraveller.gov.au pada Minggu (13/5). Status Indonesia disebut "penuh kewaspadaan tinggi". Masyarakat Australia diminta "memperhatikan keamanan mereka dan mengawasi informasi tentang resiko keamanan di media". Mereka juga diharapkan lebih berhati-hati di tempat ibadah serta hari raya.

2. Inggris

Pemerintah Inggris menghimbau warganya untuk mengikuti arahan pihak berwenang dan terus waspada selama di Indonesia. Pernyataan mereka tertera pada situs gov.uk pada Minggu (13/5). "Jika kalian berada di daerah sekitar, kalian sebaiknya memperhatikan media lokal, terus berwaspada, dan mengikuti anjuran dari pihak berwenang setempat," berikut himbauan Pemerintah Inggris.

3. Singapura

Kementerian Luar Negeri Singapura memberlakukan travel advice serupa dengan Inggris. Warga Singapura kembali diminta untuk lebih berhati-hati serta terus mencari informasi lewat media. "Warga Singapura di Surabaya disarankan untuk menghindari daerah yang terkena teror, memperhatikan lokal media dengan seksama untuk mengetahui perkembangan terbaru, dan menyimak instruksi pihak berwenang," tutur mereka lewat situs maf.gov.sg.

4. Amerika Serikat

Travel advice terakhir berasal dari Amerika Serikat. Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia mengeluarkan instruksi kepada warganya lewat situs id.usembassy.gov pada Minggu (13/5). "Carilah tempat aman. Tinjaulah ulang susunan keamanan personalmu. Perhatikanlah media lokal untuk mengetahui perkembangan terbaru. Tetaplah waspada kepada lingkungan sekitar," berikut pernyataan mereka.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia juga memberikan daftar tempat yang dinilai menjadi incaran teroris. Ini termasuk kantor polisi, tempat ibadah, objek wisata, dan pusat transportasi.

(dira / wida)

Penulis Andira Putri
Editor Wida Kriswanti
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.