Viral Tebak Suara Yanny atau Laurel, Begini Penjelasan Ahli

Andira Putri Jumat, 18 Mei 2018 13:10:23
Viral Tebak Suara Yanny atau Laurel bermula dari postingan Cloe Feldman di Twitter. (Twitter)

TABLOIDBINTANG.COM - Sebuah fenomena unik kembali terjadi di dunia maya. Aksi menebak suara Yanny dan Laurel tengah menjadi viral sejak Selasa (15/5).

Kejadian bermula ketika akun Twitter Cloe Feldman mengunggah rekaman suara pendek. Cloe Feldman kemudian meminta netizen untuk menebak kata apa yang terdengar dalam rekaman tersebut.

"Apa yang kalian dengar?! Yanny atau Laurel," tanya Cloe Feldman. Rekaman tersebut mencuri perhatian netizen dan menjadi viral. Uniknya, netizen memiliki perbedaan pendapat.

Ada beberapa netizen yang mendengar kata Yanny. Sementara sisanya mendengar kata Laurel. Fenomena ini turut membuat selebriti seperti Chrissy Teigen dan Ellen DeGeneres penasaran.

Terkait kejadian viral tersebut, sejumlah ahli memberikan penjelasan. Ahli bahasa Ben Zimmer menuturkan jika tidak ada yang salah dalam tebakan netizen. Mereka bisa mendengar kata Yanny atau Laurel karena perbedaan frekuensi.

"Orang-orang yang lebih terbiasa dengan frekuensi tinggi merasa suaranya seperti Yanny. Jika Anda tidak terbiasa dengan frekuensi tinggi, ini terdengar seperti Laurel," ujar Ben Zimmer kepada CBS News, Kamis (17/5).

Sementara Profesor David Alais dari University of Sydney menjelaskan dari sisi psikologi. Perbedaan suara muncul karena stimuli persepsi yang ambigu.

"Pemikiran kita sering bolak-balik menentukan antara dua interpretasi. Ini terjadi karena otak tidak bisa memutuskan interpretasi yang pasti. Jika ada hal yang sedikit ambigu, otak kita memilih sebuah interpretasi. Dalam kasus Yanny atau Laurel, suaranya memang dirancang untuk menjadi ambigu. Ini karena setiap suara hadir dengan waktu dan energi sama sehingga membingungkan," terang David Alais kepada The Guardian, Kamis (17/5).

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mendengar kata Yanny atau Laurel dari rekaman tersebut?

(dira/bin)

Penulis Andira Putri
Editor Binsar Hutapea
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.