Untuk Kali Pertama, Penonton Perempuan Iran Bisa Nonton Piala Dunia dalam Stadion

Andira Putri | 21 Juni 2018 | 22:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Piala Dunia 2018 menjadi tonggak sejarah bagi perempuan Iran. Untuk pertama kali, mereka diizinkan menonton pertandingan olahraga laki-laki dalam sebuah stadion.

Para perempuan Iran beramai-ramai mendatangi Stadion Tehran Azadi pada Rabu (20/6). Mereka hendak menyaksikan pertandingan antara timnas Iran melawan Spanyol dalam Piala Dunia 2018 Rusia.

Antusiasme terlihat dari penampilan para perempuan Iran. Mereka mengenakan seragam timnas Iran lalu mengecat wajahnya dengan bendera negara tersebut. Beberapa perempuan bahkan membawa vuvuzela, terompet yang populer dalam Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Kehebohan kaum perempuan Iran turut disadari oleh timnas negara tersebut. Pihak timnas Iran mengunggah foto salah satu perempuan tengah berdiri dalam stadion sambil membentangkan bendera Iran lewat akun Twiter resminya. "Stadion Azadi, sekarang!" berikut caption foto tersebut.

Ini adalah terobosan Iran setelah 38 tahun. Sebelumnya, kaum perempuan dilarang menonton olahraga laki-laki. Mereka juga tidak bisa berada dalam stadion yang sama dengan laki-laki.

"Mereka yang melanggar aturan tersebut bisa ditangkap, diminta denda bahkan dimasukkan dalam penjara," berikut penuturan situs CNN.

Sayang, timnas Iran gagal membalas antusiasme para pendukungnya. Iran harus takluk dari Spanyol dengan skor 0-1 pada babak penyisihan Piala Dunia 2018.

(dira / wida)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait