7 Momen Tak Terlupakan di Piala Dunia 2018

Andira Putri | 16 Juli 2018 | 21:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Piala Dunia 2018 resmi berakhir pada Minggu (15/7). Prancis berhasil menjadi juara sementara Kroasia dan Belgia menempati posisi kedua serta ketiga.

Sejumlah momen terjadi di Rusia sepanjang Piala Dunia 2018. Ada kejadian seru, sedih, dramatis hingga kocak. Semuanya memberikan warna tersendiri bagi perhelatan sepak bola tersebut.

Sebagai kenang-kenangan, berikut tujuh momen tak terlupakan di Piala Dunia 2018:

1. VAR Buat Heboh

Piala Dunia 2018 memperkenalkan teknologi Video Assistant Referee (VAR). VAR menghadirkan beberapa orang untuk mendampingi wasit utama pertandingan. Mereka menyaksikan pertandingan dengan beragam angle di sebuah ruang khusus. VAR diberlakukan demi mencegah kecurangan.

Kehadiran VAR menghebohkan Piala Dunia 2018. Berkat teknologi tersebut, diving Neymar pun ketahuan, gol terakhir Spanyol di babak penyisihan tidak dianggap off-side, Cristiano Ronaldo harus puas dapat kartu kuning hingga Prancis mendapat kesempatan penalti di final. 

2. Bintang Besar Pulang Lebih Cepat

Piala Dunia 2018 ternyata bukan milik bintang besar. Mereka harus pulang lebih awal tanpa menyentuh babak final. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi kompak tersingkir di babak 16 besar. Sementara Neymar kalah di perempat final dan menuai kritikan karena dianggap bereaksi berlebihan saat terjatuh.

3. Tim Jagoan Tampil Kurang Greget

Selain bintang besar, deretan tim jagoan juga memiliki nasib kurang baik di Piala Dunia 2018. Permainan mereka terkesan tak memuaskan. Jerman kalah dalam babak penyisihan meski menjadi juara empat tahun lalu. Spanyol gagal maju dari 16 besar, tetapi memiliki passing lebih banyak dari Rusia dalam pertandingan. 

4. Underdog Berjaya

Beberapa timnas underdog mampu bersinar terang di Piala Dunia 2018. Tidak ada orang yang menyangka Islandia mampu menahan imbang Argentina. Begitu pula saat Korea Selatan menaklukkan Jerman dan Jepang unggul lebih dulu dari Belgia. Juara kedua Kroasia pun awalnya bukan favorit publik.

5. Blunder Kiper

Entah mengapa, tetapi ada banyak kiper yang melakukan blunder sepanjang Piala Dunia 2018. Kelalaian mereka pun menghasilkan momen kocak. Ada Manuel Neuer yang nekat meninggalkan gawang Jerman sehingga Korea Selatan mampu mencetak gol. Kemudian ada juga Fernando Muslera dari Uruguay yang tangannya terpeleset dan menjatuhkan bola. Partai final pun diwarnai blunder kiper Hugo Lloris asal Prancis.

6. Gol Jelang Peluit Terakhir

Piala Dunia 2018 bergulir secara dramatis. Pasalnya, sejumlah gol tercipta menjelang akhir pertandingan. Kehadiran gol tersebut mampu membalikkan keadaan. Ini termasuk gol Toni Kroos untuk kemenangan tipis Jerman atas Swedia. Hal serupa turut terjadi pada gol Naser Chadli asal Belgia ke gawang Jepang.

7. Aksi Viral di Luar Lapangan

Piala Dunia 2018 tidak sebatas pertandingan sepak bola saja. Tetapi, ada juga momen di luar lapangan yang menjadi viral. Tingkah ajaib Maradona di bangku penonton tidak kalah seru dengan pertandingan Argentina melawan Nigeria. Ini disusul oleh kecantikan Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic yang mencuri perhatian saat mendukung timnasnya. Terakhir, yel 'Football is Coming Home' dari pendukung Inggris tentu sulit dilupakan.

(dira/bin)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait