Fajar Nugros Berharap Bali Jadi Ibukota Negara, Ini Alasannya

Abdul Rahman Syaukani | 16 Mei 2019 | 15:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pemerintah berencana untuk memindahkan Ibukota negara di luar Jakarta. Hal itu menuai tanggapan dari banyak pihak mulai dari masyarakat bisa hingga tokoh publik. Bahkan sejumlah sineas juga ikut memberikan komentarnya. Salah satunya adalah sutradara Fajar Nugros.

Sutradara film Yowis Ben ini menyambut positif gagasan tersebut. Menurutnya, memang sudah seharuskan dipisahkan antara ibukota negara dan pusat ekonomi-bisnis.

“Aku rasa sebaiknya pusat pemerintahan sama pusat ekonomi dipisah. Dari dulu pusat ekonomi di Jakarta, pusat pemerintahan juga di Jakarta,” ujar Fajar Nugros saat ditemui di bilangan SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (15/5).

Mengenai kapan ibukota negara akan resmi pindah, Fajar Nugros menyerahkan pada kesiapan pemerintah. Dia berharap pemindahan ibukota ini memiliki dampak positif bagi masyarakat.

“Apakah itu bisa dilakukan secara bertahap atau langsung apa enggak. Kalau tidak bertahap pasti budget besar. Saya rasa pasti bertahap dan harus dipikirin banget pindahnya ke mana dan efeknya apa secara sosiografis. Kalau pindah lalu enggak berefek buat kemajuan Indonesia kan percuma,” katanya.

Sampai sekarang sudah ada beberapa wilayah yang dianggap tepat sebagai ibukota negara yang baru. Fajar Nugros sendiri mengusulkan Ibukota dipindahkan ke Purwakarta. Dia juga akan senang andai saja ibukota dipindahkan ke Bali.

“Kalau menurutku pindah bukan karena Jakarta sudah tidak bisa melayani sebagai ibu kota tapi sebaiknya pindah karena menerapkan azas keadilan, seperti dia harus di tengah. Supaya tidak Jakarta sentris. Pindah ke Bali juga bagus, hahaha, biar semakin dikenal dunia. Denpasar Ibukota Indonesia,” tandas Fajar Nugros.

(man)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait