Riset Menujukkan Belanja Online Meningkat Saat Jam Makan Siang dan Pulang Kantor

Panditio Rayendra | 5 Juni 2019 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sudah menjadi rahasia umum. Di era digital, orang bisa berbelanja lewat telepon pintar. Produk yang dibeli pun beragam dari makanan, baju, mainan, hingga barang hobi. Berbagai riset internal kemudian dikembangkan untuk meneliti pada jam berapa orang sering mampir ke toko daring dan barang apa saja yang dibeli. Rupanya, pada jam makan siang dan pulang kantor, banyak yang berkunjung ke toko daring.

"Ya, penjualan cenderung mengalami peningkatan saat jam makan siang atau jam pulang kantor. Pada jam makan siang, karyawan kantor punya waktu senggang. Sementara jam pulang kantor, saat terjebak macet, orang mengalihkan perhatian dengan mengecek online shop," urai Category Lead - Automotive and Hobbies Tokopedia, Tubagus Muhammad Yusuf Rifaiz, ketika berbincang di Jakarta belum lama ini. Ia menambahkan, produk yang paling sering dicari saat belanja online cenderung mengikuti tren yang berkembang di masyarakat. 

"Seiring berkembangnya tren aktivitas lari, pencarian dan pembelian perangkat olahraga lari meningkat. Salah satu produk lokal yang populer, Eiger yang menjual tas dan perlengkapan outdoor. Selain itu, produk souvenir, mainan edukasi muslim untuk anak, dan mainan berbasis karakter pahlawan super dari film Avengers meningkat pesat dalam beberapa bulan terakhir," ujarnya. Kategori otomotif dan hobi, menurut Tubagus, terus berkembang seiring meningkatnya animo masyarakat. 

"Berdasarkan data internal, saya melihat peningkatan dalam penjualan sebesar 4 kali lipat jika dibandingkan dengan Mei 2018. Karenanya, kami mempermudah pembelian barang-barang otomotif dan hobi dengan memberikan pilihan yang lengkap sekaligus beragam," Tubagus membeberkan. 

Konon, pembeli di kategori hobi dan otomotif didominasi laki-laki. Benarkah demikian? "Sebetulnya populasi konsumen laki-laki dan perempuan baik di kategori Hobi dan Otomotif tidak terlalu jauh berbeda. Masing-masing konsumen memiliki kebutuhan," pungkas Tubagus.

(ray / ray)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait