Beri Gelandangan Kue Orea Berlapis Pasta Gigi, YouTuber Ini Dihukum 15 Bulan Penjara

TEMPO | 5 Juni 2019 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Seorang YouTuber Spanyol keturunan Cina dihukum 15 bulan penjara, denda 22.300 dolar AS atau setara dengan Rp 317,2 juta,  karena memberi kue Oreo dilapisi pasta gigi kepada gelandangan.

Pengadilan Barcelona menghukum penjara dan denda kepada Ren yang dikenal dengan akun YouTube ReSet, karena dinilai melanggar integritas moral di video yang ditayangkan pada Januari 2017. Selain hukuman penjara, akun YouTube Ren juga ditutup selama 5 tahun

Menurut pengakuan Ren, dia ditantang pengikutnya untuk memfilmkan dirinya mengganti krem di dalam kue Oreo dengan pasta gigi.

Dia kemudian pergi jalan-jalan ke sekitar Barcelona dan memberikan kue Orea berisi pasta gigi kepada gelandangan Rumania bersama dengan uang kertas tukaran 20 euro, seperti dikutip Channel News Asia, Selasa (4/6).

Setelah tayang, video itu mendapat kecaman netizen. Ren kemudian mengunggah tayangan baru ketika dia kembali menemui gelandangan itu dan memberikan kembali uang sebesar 20 euro.

"Andai saya melakukan ini dengan orang biasa, tak satu orangpun akan mengatakan sesuatu, namun karena dia seorang gelandangan orang-orang lalu pada keberatan," kata Ren dalam pesan yang dimuatnya bersama tayangan video yang menjadi barang bukti di pengadilan.

Polisi kemudian menjelaskan, Ren berusaha menghentikan korban mempermasalahkan itu dengan memberinya uang 300 euro.

"Saya melakukan hal-hal untuk pertunjukan, orang suka segala hal yang tidak waras," kata Ren di pengadilan.

Namun, hukuman yang dijatuhkan kepada Ren tampaknya tidak berfungsi. Pasalnya, sesuai peraturan di Spanyol, seorang terpidana bukan kejahatan kekerasan yang baru pertama kali dihukum dengan hukuman hingga 2 tahun boleh tidak menjalani hukuman.

Selain itu, saluran YouTube Ren yang memiliki pengikut lebih dari 1,2 juta juga masih aktif. Polisi Spanyol menyebut Ren mencari uang sebagai YouTuber.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait