Dianggap Menakutkan, Asmara Abigail Justru Sebut Kuntilanak Simbol Feminisme

Rik | 26 Januari 2020 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aktris Asmara Abigail memiliki pandangannya tersendiri terhadap sosok kuntilanak yang selalu identik dengan hal yang seram. Menurutnya, kuntilanak bisa menjadi salah satu simbol feminisme di Indonesia yang masih kerap disalahartikan.

"Menurut aku kuntilanak kan bisa jadi lambang feminisme di indonesia juga karena menurut aku di-judge oleh masyarakat walaupun dia sebenarnya kalau kita tau ceritanya, dia sebenarnya sebagai korban," ungkap Asmara Abigail di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (24/1).

Bukan tanpa alasan, pernyataan Asmara Abigail yang demikian memang berkaitan dengan film terbarunya yang berjudul Mangkujiwo. Mangkujiwo sendiri bercerita tentang asal muasal sosok kuntilanak yang menjadi korban dari perebutan kekuasaan antara Brotoseno dan Cokrokusumo terhadap Loji Pusaka.

"Kuntilanak itu enggak pernah diberikan ruang untuk bersuara menceritakan apa sih yang membuat dia menjadi kuntilanak, apa sih yang membuat dia sampai menjadi ikon yang sangat seram dan ditakuti oleh orang-orang Indonesia. Maksud aku kita mesti punya ruang untuk menceritakan cerita dari sisi kuntilanak," jelasnya.

Asmara Abigail pun merasa bersyukur bisa ikut dilibatkan dalam film produksi Multivision Plus tersebut. Menurutnya, berkat perannya sebagai Kanti, ia jadi memiliki pandangan lain terhadap sosok kuntilanak yang selama ini selalu diidentikan dengan sesuatu yang menyeramkan.

"Kita bisa memberikan sudut pandang yang baru dan menurut aku kita harus mengapresiasi kuntilanak. Dan aku merasa tertantang untuk memberikan empati untuk kuntilanak," pungkas Asmara Abigail.

(rik) 

Penulis : Rik
Editor: Rik
Berita Terkait