Ada Makna dan Filosofi di Balik Keindahan 7 Bunga Ini

TEEN.CO.ID | 7 Februari 2020 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Salah satu cara yang sering digunakan banyak orang untuk menunjukkan rasa sayang, ucapan selamat, dan bahkan berbela sungkawa dengan memberikan serangkaian bunga. Bunga yang digunakan pun bermacam-macam baik jenis maupun warnanya, tapi tahukah kalian bahwa setiap bunga memiliki makna masing-masing. Apa sajakah itu? Ini dia 7 bunga terkenal dengan maknanya:

1. Bunga Matahari

Siapa yang tidak tahu bunga berukuran besar dengan kelopak berwarna kuning yang menarik perhatian sepenuhnya ini? Nah, ternyata nama bunga matahari tidak semata-mata muncul begitu saja. Ada beberapa alasan kenapa bunga besar ini disebut dengan bunga matahari. Yang pertama adalah karena bunga matahari selalu tumbuh mengikuti atau menghadap arah matahari. Yang kedua adalah karena warna kuning kontras pada kelopaknya yang membentuk wujud seperti matahari yang sedang bersinar. Wah, pantas ya tiap melihat bunga matahari, ada perasaan cerah!

Karena bunga matahari yang selalu mengikuti matahari sejak terbit hingga terbenam inilah bunga matahari memiliki makna kesetiaan dan ketulusan. Alasannya? Karena kesetiaan bunga matahari yang selalu menghadap sejak matahari terbit hingga terbenam. Dengan menggunakan bunga matahari pun berarti kita menunjukkan adanya kehidupan yang ceria dan hangat.

2. Bunga Edelweiss

Bagi yang hobi mendaki gunung pasti tahu betul tentang bunga satu ini, keberadaannya yang sudah mulai dilindungi menjadi salah satu alasan sulitnya mendapatkan bunga ini selain karena lokasi tumbuhnya yang berada di lereng gunung atau tempat yang sulit dijangkau.

Bunga edelweiss sering diidentikan dengan simbol keabadian, karena lokasi tumbuhnya pun maka dibutuhkan usaha, keberanian, dan tekad untuk mendapatkannya; selain itu bunga edelweiss pun merupakan bunga yang tak mudah layu atau mati dalam waktu lama -- hal ini yang membuat orang-orang memiliki kepercayaan bahwa kalau seseorang memberikan bunga ini kepada pasangannya, cinta mereka akan abadi.

Karena alasan-alasan tersebutlah bunga edelweiss memiliki filosofi bahwa dalam cinta sejati dibutuhkan pengorbanan, perjuangan, dan kesungguhan untuk mendapatkannya.

3. Bunga Tulip

Bunga satu ini banyak tumbuh di negeri kincir angin, Belanda. Dikarenakan tampilan yang cantik dengan warna-warna yang indah, bunga satu ini akan sangat menarik perhatian hampir setiap orang. Dengan warna yang bermacam-macam itulah, makna yang disampaikan setiap warna bunga berbeda satu sama lain. Diantaranya adalah: permohonan maaf, pernyataan cinta, persahabatan, semangat tinggi, kepedulian, dan kemewahan. Namun secara umum, bunga tulip menyimbolkan cinta yang sempurna.

4. Bunga Mawar

Bunga satu ini sudah sangat familiar bagi kita, seringkali orang-orang terutama kaum Adam menggunakan bunga mawar sebagai cara untuk mewujudkan rasa cintanya kepada pasangannya. Makna yang dimiliki bunga mawar pun berbeda sesuai dengan warnanya, diantaranya: kecantikan, keromantisan, cinta sejati, kesucian, kasih sayang, persahabatan, antusiasme, misterius, perdamaian, kesedihan, atau bahkan kematian.

Walau dengan makna yang bermacam-macam, bunga mawar sendiri memiliki filosofi bahwa setiap jiwa memiliki warna cintanya tersendiri, sehingga diperlukan warna yang tepat untuk dapat menyentuh jiwa seseorang. Wah, romantis sekali ya!

5. Bunga Dandelion

Bunga satu ini sering sekali kita jumpai, namun tak begitu banyak yang tahu nama bunga ini. Bunga dandelion memiliki bentuk yang unik, dimana seringkali banyak orang mengabadikannya dalam bentuk foto. Bunga dandelion memiliki tekstur yang rapuh di mana setiap bibit di dalam bunga akan terbang bahkan hanya dalam sekali tiupan saja. Oh iya, bunga ini juga termasuk bunga yang bandel, lo. Kenapa? Karena bunga ini mampu tumbuh di mana saja, tidak peduli tempat yang tandus atau lembab.

Buat kalian yang memiliki orang terdekat dengan rasa takut dengan lingkungan baru atau sejenisnya, maka bunga satu ini cocok untuk kalian berikan kepada orang tersebut. Karena bunga dandelion memiliki filosofi bahwa seseorang harus mudah beradaptasi dan jangan takut untuk menjelajah kemanapun. Filosofi bunga ini mengajarkan bahwa setiap orang harus tumbuh dan berkembang sebagaimana bunga satu ini tumbuh.

6. Bunga Sakura

Siapa yang tidak tahu bunga sakura? Kita tentu sudah seringkali mendengar atau bahkan melihat bentuk bunga ini walau hanya dalam wujud foto saja. Nah, kalau yang kalian tahu bunga sakura hanya berwarna merah muda, kalian salah Teens. Bunga sakura memiliki kelopak yang berwarna-warni, yaitu: merah muda, putih, atau bahkan kombinasi warna lainnya.

Bunga sakura memiliki makna sebagai janji yang ditepati, hal ini dikarenakan seakan-akan bunga sakura selalu mengatakan akan datang kembali setiap musimnya. Itulah alasan kenapa berkunjung ke Jepang disaat musim semi sangat terkenal.

Filosofi bunga sakura adalah kesetiaan janji yang selalu ditepati. Jadi, siapa pun orangnya yang berjanji, maka orang tersebut hendaknya menepati yang sudah diucapkan atau diikrarkannya tersebut.

7. Bunga Anggrek

Bunga penghias taman kecil dirumah banyak orang, ini salah satu bunga yang mudah kamu temui dimanapun dan kapanpun dengan berbagai jenis dan warna. Walaupun proses pemekarannya yang cukup lama dibandingkan dengan bunga lainnya, bunga anggrek pun terkenal sebagai bunga yang cantik dan awet saat dia sudah mekar, lo.

Bunga anggrek memiliki filosofi bahwa setiap proses menuju keindahan bukanlah hal yang mudah -- setiap proses membutuhkan perjuangan yang panjang dan proses yang tak instan dalam mencapainya. Hal ini berlaku sama dengan kehidupan, dimana dalam mencapai kesuksesan pun selalu dibutuhkan perjuangan dan kesabaran untuk memperolehnya.

Itu dia makna dan filosofi dibalik 7 bunga terkenal yang akrab di telinga kita. Mulai sekarang kalian jadi lebih mudah deh menentukan bunga apa yang cocok untuk diberikan kepada orang terdekat kalian!

Penulis : TEEN.CO.ID
Editor: TEEN.CO.ID
Berita Terkait