Ini 8 Ciri Teman Sejati, Apakah Menemukannya pada Sahabat Anda?

TEEN.CO.ID | 8 Februari 2020 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mungkin Anda pernah meragukan kesetiaan teman Anda. Anda berharap bisa mengetesnya dengan satu dan lain cara.

Tapi yang namanya teman sejati selalu bisa dilihat dari berbagai hal positif yang ditawarkan dalam sebuah persahabatan.

Apa saja yang sebenarnya bisa dilihat dari seorang teman sejati?

1. Teman sejati itu jujur

Ciri utama teman sejati adalah dia pasti jujur. Dia mungkin tidak suka menceritakan semua aktivitas dan rahasianya sama Anda. Dan itu enggak apa-apa. Yang lebih penting adalah dia berterus-terang mengenai siapa dirinya dan apa motivasinya. Jika ada sesuatu yang keliru, dia akan menjelaskannya.

2. Teman sejati itu seru, unik dan menarik

Pada awalnya Anda berteman dengan seseorang karena dia seru, unik dan menarik. Itu artinya kalian teman yang cocok dan punya minat yang sama. Kalian berteman dengan suka rela, bukan karena terpaksa. Itu penting.

3. Teman sejati itu memberi perhatian dan mau beradaptasi

Teman yang baik paling tidak pendengar yang baik. Dia memperhatikan bagaimana hal sehari-hari yang remeh-temeh mempengaruhi Anda. Dia tidak bisa membaca pikiran Anda tapi dia tahu kapan Anda sedang berbahagia, sedih, bersemangat atau cemas. Jika sadar dirinya melakukan sesuatu yang mengganggu Anda, dia akan berusaha mengubah perbuatannya atau setidaknya mendiskusikannya dengan Anda.

4. Teman sejati itu mendukung Anda dan cita-cita Anda

Teman sejati harus tahu apa yang paling Anda inginkan dalam hidup. Dia tahu apa yang sangat menggelitik Anda dan membantu Anda menjadi orang seperti yang Anda inginkan. Dia tidak akan berusaha mengubah Anda atau menyeret Anda ke dalam situasi yang membuat Anda tidak nyaman. Dia juga tidak akan membuat Anda melakukan sesuatu yang membuat Anda berisiko kehilangan sesuatu yang penting bagi Anda.

5. Teman sejati itu dapat Anda percayai

Teman sejati tidak akan berusaha mencuri pacar Anda, rezeki Anda maupun kepribadian Anda. Dia tidak akan menggosipkan Anda terus-menerus atau berusaha merusak reputasi Anda. Dia akan memberi tahu Anda ketika dia mencemaskan kondisi Anda lalu melakukan hal terbaik untuk terus menemani Anda melewati kesulitan.

6. Teman sejati itu menunjukkan dengan jelas pada Anda bahwa dia peduli pada Anda

Setiap orang punya cara tersendiri untuk memberitahukan Anda bahwa dia peduli pada Anda. Ada teman yang memberi pelukan erat, ada juga teman yang suka menggoda. Petunjuk penting bahwa seseorang peduli dengan Anda adalah dia sering bicara dengan Anda dan secara umum tahu apa yang sedang Anda alami. Dia juga menunjukkan minatnya dengan perubahan yang terjadi dalam hidup Anda.

7. Teman sejati itu ada bersama Anda di saat senang dan susah

Kesetiaan adalah ciri yang dicantumkan hampir oleh semua orang ketika diminta menuliskan apa yang mereka cari dari seorang teman. Teman yang setia akan tetap di sisi Anda biarpun nilai ulangan Anda jeblok, orangtua Anda bercerai, pacar Anda mencampakkan Anda atau Anda bokek berat. Jika Anda pindah sekolah atau pindah rumah, dia melakukan hal terbaik untuk terus berhubungan dengan Anda.

8. Teman sejati itu menerima Anda apa adanya, bahkan jika Anda bukan siapa-siapa

Dalam persahabatan, menerima dan setia itu saling berkaitan. Teman sejati menerima Anda tanpa banyak protes dan tahu cara mengatasi kekurangan dan keanehan Anda. Dia juga sabar ketika Anda membuat kesalahan, bahkan kesalahan fatal. Dia akan belajar memaafkan Anda ketika Anda menyakitinya.

Apakah Anda menemukannya pada teman Anda?

Penulis : TEEN.CO.ID
Editor: TEEN.CO.ID
Berita Terkait