Juni, Hari Lahir Pancasila dan 4 Presiden Republik Indonesia

Andira Putri Senin, 8 Juni 2020 04:00:04
Sejumlah orang nomor satu Indonesia lahir di bulan Juni.

TABLOIDBINTANG.COM - Juni adalah bulan yang istimewa bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain disebut Bulan Pancasila karena setiap 1 Juni diperingati sebagai hari lahir dasar negara, sejumlah tokoh yang pernah menjadi orang nomor satu negeri ini juga lahir di bulan Juni.

Mari kita mulai dari presiden pertama Republik Indonesia, yakni Dr. Ir. Soekarno yang lahir pada 6 Juni 1901.

Soekarno menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia dari tahun 1945 hingga 1967. Bulan kelahirannya juga merupakan bulan di mana dia meninggal dunia, yakni 21 Juni 1970.

Kesimpulan isi pidato Soekarno di hadapan sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945, menjadi naskah Pancasila, oleh karena itu 1 Juni dijadikan Hari Lahir Pancasila dan Hari Libur Nasional.

Lalu, Presiden Republik Indonesia yang ke-2, Soeharto, lahir 8 Juni 1921. Presiden Soeharto merupakan presiden terlama yang menjabat di Indonesia, yaitu selama 31 tahun, tepatnya sejak tahun 1967 hingga lengser tahun 1998.

Pengganti Soeharto, atau Presiden Republik Indonesia ke-3, B.J. Habibie juga lahir di bulan Juni. Pria bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie ini lahir pada tanggal 25 Juni 1936.

Empat hari sebelum ulang tahun BJ Habibie, juga adalah hari ulang tahun presiden Indonesia sekarang, Ir. Joko Widodo atau Jokowi.  Presiden Jokowi hadir pada 21 Juni 1961.

(dira/gur)

Penulis Andira Putri
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.