Begini Cara Menyelamatkan Tanaman yang Hampir Mati

HOME.CO.ID | 14 Agustus 2020 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menanam tanaman di rumah memang merupakan salah satu cara yang banyak dipilih agar rumah terlihat lebih asri. Namun tidak bisa dipungkiri banyak orang yang tidak berhasil menanam berbagai tanaman di rumahnya. Hal tersebut karena berbagai alasan, tanaman akhirnya layu dan hampir mati. 

Maka dari itu untuk menyelamatkannya ada beberapa hal yang biasa dilakukan seperti yang dikutip dari Goodhousekeeping, berikut diantaranya :

Pindahkan Ke Pot yang Baru
Menurut Ashton Ritchie, ahli taman dan rumput di Scotts Miracle-Gro, memindahkan tanaman yang sudah layu atau yang terlihat lelah ke pot dengan tanah baru dapat memberikan perbedaan yang cukup besar bagi tanaman. Pilihlah pot dengan ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan pot sebelumnya sehingga akar dapat tumbuh dan bertahan.

Beri Makan yang Lebih Baik
Tumbuhan juga membutuhkan makanan yang sehat. Oleh sebab itu, berikan tumbuhan tanah dan pupuk yang terbaik. Namun, usahakan untuk tidak terburu-buru dan laukan dengan perlahan agar akar tumbuhan tidak terlalu mendapatkan banyak “makan” dalam satu waktu.

Jangan Langsung Disinari Matahari
Matahari memang baik untuk pertumbuhan tanaman, tetapi memindahkannya ke tempat yang panas dan terkena cahaya matahari saat sedang “sakit” dapat memperburuk keadaan. Hingga tumbuhan kembali segar, jangan biarkan tanaman terkena sinar matahari langsung dan cukup letakkan tanaman di tempat yang teduh dengan sinar matahari tak langsung.

Perhatikan Penyiraman
Tidak mengenali karakter tumbuhan dapat membuat Anda salah dalam memberikan hal-hal yang dibutuhkannya. Salah satunya ialah saat melakukan penyiraman. Yang paling penting, pastikan tidak menyiram secara berlebihan sehingga tanaman tidak overwater.

Bersihkan dari Semua Hama
Tumbuhan “sakit” juga bisa disebabkan oleh adanya serangan hama. Karena itu, dalam rangka menyelamatkan tumbuhan, perhatikan datangnya hama dan sebisa mungkin bersihkan tumbuhan.

Coba Letakkan dalam Greenhouse
Beberapa tumbuhan barangkali membutuhkan lingkungan yang lebih lembab, terlebih bila Anda tinggal di daerah yang dingin. Bila begitu, Anda dapat membuat greenhouse atau rumah kaca. Cara yang sederhana, letakkan plastk di atas tumbuhan dan biarkan hingga empat atau lima hari untuk memberikan tumbuhan lengkungan yang dibutuhkannya.

Penulis : HOME.CO.ID
Editor: HOME.CO.ID
Berita Terkait