Siapa Marie Thomas, Sosok Dokter Perempuan yang Ada di Google Doodle Anda Hari Ini

Vallesca Souisa | 17 Februari 2021 | 21:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kalau Anda perhatikan, Google Doodle di layar laptop atau komputer sejak pagi tadi, menampilkan sosok dokter perempuan sedang menggendong bayi. Siapa sih, dia? Sampai dijadikan Google Doodle? Sosok perempuan menggendong bayi tersebut adalah Marie Thomas, dokter perempuan pertama Indonesia, yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara.

Hari ini adalah ulang tahun Marie yang ke-125, sehingga dijadikan Google Doodle. Lahir pada 17 Februari 1896 di Minahasa, Marie menempuh pendidikan di Scholl tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) atau sekolah kedokteran pada masa Hindia Belanda.

Lewat STOVIA, semangat kebangkitan nasional terbentuk dan pada masa itu dikenal sebagai masa kebangkitan nasional dan masa yang cukup penting bagi pendidikan kedoteran di Indonesia. Saat itu, STOVIA hanya menerima murid laki-laki saja. Namun pada 1912 Marie Thomas membuat gebrakan baru. Dia menjadi perempuan pertama yang masuk ke sekolah kedokteran tersebut. Otomatis, ini menjadikannya satu-satunya murid perempuan di antara 180 murid lelaki di STOVIA.

Masuk STOVIA sebagai satu-satunya perempuan di sana, Marie juga mendapat dukungan beasiswa dari Studiefonds voor Opleiding van Vrouwelijke Inlandsche Artsen (SOVIA). Sebuah perkumpulan untuk dana studi bagi pendidikan dokter Hindia Wanita. Marie Thomas lulus dari STOVIA pada 1922 dan yang pertama mendapat gelar Indisc Arts (dokter Hindia).

Setelah lulus, Marie langsung bekerja di Centraal Burger Ziekenhuis di Weltevreden, atau sekarang dikenal Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Marie juga menikahi seorang dokter, bernama Mohammad Joesoef pada 16 Maret 1929 dan pindah ke Padang, Sumatera Barat Di sana ia bekerja di layanan kesehatan Masyarakat setempat. Panjang perjalanan Marie, hingga akhir hayatnya, memenuhi panggilan mulia, menyembuhkan setiap manusia yang ditemuinya. Itulah sekilas tentang Marie Thomas, dokter pertama wanita Indonesia yang terpampang di Google Doodle hari ini.

 

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait