Elon Musk dan Mimpinya Membuat Koloni Manusia di Planet Mars di Masa Hidup Kita

Redaksi Jumat, 13 Agustus 2021 14:30:11
Elon Musk dan Mimpinya Membuat Koloni Manusia di Planet Mars di Masa Hidup Kita (Dok. Instagram)

TABLOIDBINTANG.COM - Pengusaha teknologi dan bos perusahaan mobil listrik Tesla, Elon Musk punya mimpi membangun koloni manusia di Planet Mars. Bukan di masa depan, tapi sekarang di masa hidup kita. Bukan angan-angan kosong tanpa tindakan, Elon Musk berencana mewujudkan mimpinya lewat perusahaan luar angkasa miliknya yang sekarang memproduksi banyak roket, SpaceX.

"Anda ingin bangun di pagi hari dan berpikir masa depan akan menjadi luar biasa - dan itulah yang dimaksud dengan peradaban luar angkasa. Ini tentang percaya pada masa depan dan berpikir bahwa masa depan akan lebih baik dari masa lalu. Dan saya tidak bisa memikirkan sesuatu yang lebih menarik daripada pergi ke sana dan berada di antara bintang-bintang," tulis Elon Musk seperti dikutip dari laman resmi SpaceX.

Di laman yang sama juga dijelaskan kenapa Planet Mars yang dipilih. Pada jarak rata-rata 140 juta mil, Mars adalah salah satu tetangga terdekat yang layak huni. Mars berjarak sekitar setengah lagi dari Matahari seperti Bumi, sehingga masih memiliki sinar matahari yang layak. Agak dingin, tapi kita bisa menghangatkannya. Atmosfernya terutama CO2 dengan beberapa nitrogen dan argon dan beberapa elemen jejak lain, yang berarti bahwa kita dapat menumbuhkan tanaman di Mars hanya dengan mengompresi atmosfer. Gravitasi di Mars sekitar 38% dari Bumi. Jadi Anda akan dapat mengangkat barang-barang berat dan terikat. 

Sebagai bagian dari rencanya, beberapa waktu lalu Elon Musk memberikan kabar tentang pesawat ruang angkasa Starship generasi berikutnya di fasilitas peluncuran perusahaan di Texas. Starship disebut akan menjadi kendaraan peluncuran paling kuat di dunia yang pernah dikembangkan, dengan kemampuan membawa lebih dari 100 metrik ton ke orbit Bumi. 

"Dibutuhkan 1.000 pesawat ruang angkasa dan satu juta ton vitamin C untuk membuat kehidupan di Mars berkelanjutan," kata Elon Musk, seperti dikutip dari cnbc.com. "Jika tidak, Anda akan mati perlahan dan menyakitkan."

Menurutnya, untuk hidup di Mars, kita perlu memiliki kota mandiri di sana. "Sebuah kota di Mars harus bertahan jika kapal pasokan berhenti datang dari Bumi karena alasan apa pun," kata Musk kepada Ars Technica. "Tidak masalah mengapa. Jika kapal pasokan itu berhenti datang, apakah kota itu akan mati atau tidak?" tanyanya.

Untuk membuat sesuatu yang mandiri, katanya, Anda tidak boleh melewatkan apa pun. Anda harus memiliki semua bahannya. Elon Musk menyamakan mimpinya membangun kota mandiri di Planet Mars dengan perjalanan laut yang panjang. Akankah mimpi Elon Musk membangun kota mandiri di Planet Mars menjadi kenyataan? Apapun hasilnya nanti mimpi Elon Musk ini layak didukung. Siapa tahu manusia benar-benar bisa hidup di Planet Mars.


Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore