21 Agustus 2017 Akan Terjadi Gerhana Matahari Total

TEMPO | 2 Agustus 2017 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gerhana matahari total pertama untuk Amerika Serikat dalam 38 tahun terakhir akan dapat dilihat oleh puluhan juta orang pada 21 Agustus 2017.

Pada hari Senin itu, warga Amerika Serikat akan menyaksikan bulan berlalu di depan matahari tengah hari untuk menutupinya.

Siang itu berubah menjadi malam selama beberapa menit dimulai di Pacific Northwest dan berakhir di Southeast.

Bayangan penuh dari bulan, yang dikenal sebagai path of totality, akan diawali dari Oregon melalui Nebraska melalui South Carolina.

Bagian utara dan selatan, langit akan lebih gelap tapi bulan tidak akan benar-benar menghalangi matahari. Itu dikenal sebagai gerhana parsial. Semakin jauh Anda berasal dari path of totality, semakin sedikit matahari yang terhalang.

Di Mobile, gerhana parsial dimulai pada pukul 12:01. Ia mencapai maksimum pada pukul 1.33 ketika matahari 81 persen diblokir oleh bulan. Gerhana parsial berakhir pada pukul 15:00. Jika Anda berada di utara Mobile Anda akan melihat lebih banyak sinar matahari yang tertutup.

Dari barat ke timur, tidak akan banyak perbedaan waktu di wilayah News 5. Puncak gerhana pukul 1:33 pm di Mobile. Di Mississippi selatan semuanya sedikit lebih awal, dan di Florida Panhandle terjadi beberapa menit kemudian. Ini akan menjadi kejadian yang sangat lambat sehingga waktu yang tepat tidak penting.

Saat langit gelap Anda akan merasakan suhu turun sedikit. Anda mungkin juga dapat melihat dan mendengar binatang dan serangga pergi ke siklus malam atau rutinitas malam harian mereka. Ingatlah bahwa itu bisa menjadi hari berawan namun di mana Anda berada langit akan tetap gelap. Lebih dari beberapa hari sebelumnya, akan sulit untuk mengetahui apakah langit mungkin berawan atau tidak.

Beberapa hal perlu menjadi perhatian saat gerhana matahari. Jangan melihat secara langsung pada gerhana matahari parsial. Itu bisa menyebabkan kerusakan permanen pada matamu. Jangan melihatnya melalui kacamata hitam, teropong, atau teleskop.

Anda harus mendapatkan kacamata khusus yang dikenal sebagai “kacamata pandang gerhana ", yang dapat diperoleh di toko-toko lokal dengan harga beberapa dolar. Cari secara online untuk "ISO 12312-2 glasses". Inilah yang perlu Anda ketahui agar mata Anda tetap aman saat terjadi gerhana.

 

TEMPO.CO

 

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait