Kaleidoskop 2017: 5 Kejadian Bunuh Diri Terheboh

TEMPO | 28 Desember 2017 | 09:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aksi bunuh diri jadi salah satu kejadian cukup sering menyita perhatian publik sepanjang 2017. Tidak hanya terjadi pada tokoh publik seperti artis, namun juga pada masyarakat biasa.

Berikut adalah lima kejadian bunuh diri yang sempat heboh selama 2017:

1. Chester Bennington

Vokalis band Linkin Park, Chester Bennington meninggal di usia 41 tahun akibat bunuh diri. Bennington gantung diri di rumahnya di Palos Verdes, Los Angeles, Amerika Serikat pada Kamis, 20 Juli 2017.

Chester Bennington diketahui kecanduan narkoba dan alkohol. Ayah enam orang anak ini pernah berbicara secara terbuka mengenai persoalan itu dan pengalaman buruknya dilecehkan oleh seorang pria yang lebih dewasa saat masih kecil.

Para penggemar Linkin Park sangat berduka mendengar informasi Chester ini. Chester meninggal Dtersebut merilis album terbaru mereka "One More Light", dan seminggu sebelum tur mereka yang sekarang dibatalkan.

2. Chris Cornell

Vokalis Soundgarden dan Audioslave, Chris Cornell, meninggal dunia usai tampil di hadapan 5.200 penonton bersama Soundgarden di Fox Theater, Detroit, Michigan, Amerika Serikat, pada Rabu malam 15 Mei lalu.

Cornell dilaporkan meninggalkan Fox Theater sekitar 25 menit setelah konser selesai tanpa berganti pakaian. Sekitar 23.25 waktu setempat, Cornell dan para anggota band-nya terlihat meninggalkan lokasi menggunakan mini bus. 

Sesampainya di hotel, pelantun 'Nearly Forgot My Broken Heart' itu masuk ke kamarnya dan tak lama setelahnya, istri Cornell, Vicky, menghubungi teman dekatnya dan pihak keamanan hotel. Sekitar pukul 00.05 waktu setempat, pintu kamar Cornell pun dibuka paksa, dan penyanyi berusia 52 tahun itu terlihat sudah terkapar di kamar mandi.

3. Johannes Marliem

Johannes Marliem dikabarkan tewas dengan luka tembak di kepala di rumah kontrakan di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 10 Agustus lalu. Warga negara AS yang lahir pada 26 Oktober 1984.

Kematiannya menggemparkan karena ia mengaku memiliki 500 gigabita data percakapan perencanaan proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) pada 2010-2012. Marliem adalah bos Biomorf Lone LLC, perusahaan subkontraktor perekam data identitas 170 juta penduduk Indonesia. Kesaksiannya penting untuk mengungkap korupsi proyek senilai Rp 5,9 triliun yang melibatkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto itu. 

Marliem dilaporkan tewas sekitar pukul 2 dinihari 10 Agustus 2017. Sempat terjadi simpang siur apakah penyebab kematian bunuh diri ataukah tertembak tim kepolisian yang mengepung rumahnya sejak Rabu 9 Agustus 2017. Sejumlah pemberitaan media lokal di Los Angeles menyebutkan polisi memblokade jalanan sekitar rumah Marliem, di North Edinburgh Avenue Nomor 623, setelah menerima laporan tentang adanya seorang pria bersenjata yang diduga menyandera keluarga Marliem. Oleh otoritas setempat, status kasus Marliem dinyatakan ditutup sebagai kasus bunuh diri. 

4. Pahinggar Indrawan

Pahinggar Indrawan bukan seorang tokoh publik. Namun kematian akibat bunuh diri pria ini sempat heboh di media sosial karena Pahinggar menyiarkan detik-detik aksi bunuh diri via Facebook Live di akun pribadinya. Ia bahkan sempat menyampaikan alasannya melakukan gantung diri di rumahnya, kawasan Jagakarsa, Jumat 17 Maret 2017.

Dalam video singkat itu dia mengenalkan diri bernama Indra, dan mengaku memiliki istri bernama Dina Febrianti, yang telah dinikahinya selama 17 tahun. Ia mengaku cinta mati dengan sang istri yang sudah tidak bersamanya lagi. "Jadi sekarang dia pergi nggak tahu ke mana, ninggalin gue sama anak-anak,” ujar Pahinggar dalam penggalan siaran video itu. 

Video siaran langsung itu diharapkannya bisa menjadi kenang-kenangan istrinya. Dalam rekaman kedua menunjukkan detik-detik dia memasang tali rapia ke lehernya dan melompat. Kedua rekaman itu sempat disaksikan ribuan orang dan dibagikan berkali-kali di dunia maya.

5. Jonghyun SHINee

Vokalis utama SHINee, Jonghyun, ditemukan meninggal dunia pukul 18.30 di kediamannya di Chungdam. Sang vokalis meninggal bunuh diri dengan membakar briket batubara.

Dikutip dari berbagai sumber, sang kakak menghubungi pihak kepolisian pukul 16.42 waktu setempat. Ia mendapat pesan dari Jonghyun yang menyebut adiknya akan bunuh diri. 

Pihak kepolisian pun kemudian langsung mendatangi kediaman Jonghyun di Cheongdam. Saat ditemukan, member SHINee sudah tidak sadarkan diri. Kematiannya membuat para Shawol (penggemar SHINee) seantero dunia bersedih. Kematiannya bahkan sempat membuat beberapa Shawol yang kebanyakan berusia belia untuk melakukan aksi bunuh diri serupa demi mencontoh aksi sang idola.

TEMPO.CO

<small grey;="" font-style:="" italic;="" font-size:="" 11px;="" line-height:="" 0em;"="">

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait