Netizen Duga Pidi Baiq Sebagai Dilan Asli, Ini Buktinya

Andira Putri | 6 Februari 2018 | 15:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sosok asli karakter utama film Dilan 1990 terus menjadi pembahasan netizen. Setelah Milea, netizen kini berusaha mencari informasi tentang Dilan di dunia nyata.

Netizen memiliki teori menarik soal Dilan asli. Dugaan terkuat mereka adalah Dilan asli tidak lain merupakan penulis novel sekaligus sutradara Dilan 1990, yaitu Pidi Baiq.

Dugaan muncul setelah netizen menemukan foto Pidi Baiq saat muda. Penampilan Pidi Baiq dianggap mirip gambaran karakter Dilan. Foto menunjukkan Pidi Baiq tengah mengenakan fashion item khas Dilan, yaitu jaket jeans dan slayer hitam.

Dugaan selanjutnya berhubungan dengan latar belakang keluarga Pidi Baiq dan Dilan. Ada hubungan unik antara nama Pidi Baiq dan tanah kelahiran ibu Dilan. 

"Jika dilihat cerita, ibu dilan disebut dari Aceh, tepatnya Kota Sigli dan itu adalah merupakan Kabupaten Pidie, namanya hampir sama dengan nama @pidibaiq apakah suatu kebetulan ?" ujar seorang netizen. 

Kemudian netizen lain menuturkan jika profesi ibu Pidi Baiq dan Dilan serupa. Keduanya sama-sama merupakan seorang guru.

"Dilan itu ayah ya? Banyak opini yangg menyebutkan ayah itu Dilan, mulai dari ayah itu punya geng motor, pinter, ibu & kakak ayah seorang guru, dulu ayah di Buah Batu sama kaya Dilan yah," tanya salah satu netizen.

Dugaan terakhir terkait nama Dilan. Netizen merasa nama Dilan adalah fiktif. Mereka menyebut Dilan terinspirasi dari idola Pidi Baiq. Personel band The Panas Dalam ini menyukai musisi Bob Dylan.

Pidi Baiq sendiri bungkam jika ditanya soal sosok Dilan asli. Pidi Baiq memilih untuk merahasiakannya karena sudah ada perjanjian dengan sosok tersebut. 

Reaksi serupa juga muncul dari pemeran Dilan dalam film, yaitu Iqbaal Ramadhan. Mantan personel CJR ini mengaku sudah bertemu Dilan asli, tetapi tidak menjelaskan siapa sosoknya. 

(dira / bin)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait