Kemiripan Lagu Anji dan EXO CBX, Siapa Plagiat?

Nanda Indri Hadiyanti | 1 April 2018 | 07:31 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lagu berjudul Kekasih Terhebat milik Anji disebut-sebut plagiat dari lagu EXO CBX yang berjudul Someone Like You. 

Namun lewat sebuah penjelasan di instagramnya, Anji menuliskan lagu kekasih terhebat miliknya sudah rilis sejak 2011 lalu, sementara lagu EXO CBX yang juga soundtrack drama Live baru rilis di 2018 ini. 

"[video] LAGU EXO mirip ANJI. Fans KPop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya.Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea. Sekarang saya bertanya..Kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat? Saya bukan nge-judge. Karena setahu saya, dan sepengalaman saya sebagai Musisi, kadang kami menulis lagu yang ternyata ada kemiripan dengan lagu lain. Coba tuliskan pendapatmu tentang hal ini. Oh iya, ini lagu KEKASIH TERHEBAT yang saya nyanyikan dalam versi Bahasa Mandarin, feat @mingbridges," tulis Anji di Instagram, Jumat (30/3). 

Namun ternyata fans EXO atau yang disebut EXO-L tak terima dengan penjelasan Anji. Mereka menganggap Anji jutsru menyalahkan EXO CBX yang menyanyikan lagu mirip dengan kekasih terhebat. Tak mau kalah, EXO-L mencari lagu lain yang juga mirip dengan Kekasih Terhebat. EXO-L justru menyebutkan Anji melakukan plagiarisme karena lagunya mirip dengan lagu berjudul Orion yang dinyanyikan Mika Nakashuma yang rilis pada 2008 lalu. 

"Yang plagiat tu kmuu penyanyi aslinya itu rilis tahun 2008 sedangkan KMU RILIS 2011 KLIATAN KAN YANG PLAGIAT SIAPA, EXO CBX CUMAN NYANYI UNTUK OST DRAMA "LIVE" MAKAKNYA KLO BELUM TAU APA" JAN SOKKK MUSISI KOK KYK GINIII @duniamanji," kata salah satu EXO-L. 

"Kalo mereka plagiat, trus kekasih trhbat itu tahun berapa??? Orion itu lagux tahun berapa???yang PLAGIAT siapa???" kata fans EXO lainnya. 

(nda/ray)

Penulis : Nanda Indri Hadiyanti
Editor: Nanda Indri Hadiyanti
Berita Terkait