Artis Tanah Air yang Meninggal Sepanjang 2018

Abdul Rahman Syaukani | 28 Desember 2018 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sederat artis meninggal dunia sepanjang 2018. Dalam catatan Tabloidbintang.com, sedikitnya ada 20 publik figur yang tutup usia tahun ini.

Yang paling mengejutkan dan menyita perhatian publik adalah meninggalnya tiga personel band Seventeen, Andi, Bani, dan Herman, dalam bencana tsunami yang terjadi di Tanjung Lesung, Banten, pada Sabtu, 22 Desember 2018.

Berikut daftar artis yang meninggal sepanjang 2018.

Advent Bangun

Thomas Advent Peranginangin Bangun atau Advent Bangun meninggal dunia pada Sabtu, 10 Pebruari 2018, di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Dia menghembuskan napas terakhirnya di usia hampir 66 tahun. Advent Bangun meninggal dunia setelah cukup lama berjuang melawan penyakit gula dan ginjal yang dideritanya.

Yockie Suryo Prayogo

Musisi senior Yockie Suryo Prayogo meninggal dunia pada Senin, 5 Pebruari 2018, akibat penyakit diabetes yang sudah sekitar 15 tahun dideritanya. Jenazah Yockie dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta.

Yon Koeswoyo

Musisi senior Koesyono Koeswoyo alias Yon Koeswoyo meninggal dunia pada 5 Januari 2018. Vokalis Koes Plus tersebut meninggal dunia di usia 77 tahun akibat komplikasi penyakit yang dideritanya. Jenazah Yon Koeswoyo dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Sys Ns

Penyiar radio, sutradara, sekaligus aktor Heroe Syswanto Ns atau Sys NS meninggal dunia pada 23 Januari 2018, sekitar pukul 12.30 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta. Sebelum meninggal, Sys NS sempat ditemukan tergeletak tak sadarkan diri di rumahnya. Dia meninggal dunia di usia 62 tahun.

Gareng Rakasiwi

Pelawak senior Dwiyanto alias Gareng Rakasiwi meninggal dunia pada Jumat, 9 Pebruari 2018, setelah sempat mendapat perawatan intensif di di RS Adelia Ngotho Giwangan, Bantul, Yogyakarta. Gareng Rakasiswi meninggal dunia setelah sempat mengeluhkan sakit pada bagian dada. Pelawak serba bisa itu menghembuskan napas terakhirnya di usia 52 tahun.

Andika Putrashadewa

Basist grup band Kerispatih, Andika Putrashadewa, meninggal dunia di usia muda, 36 tahun. Dia meninggal pada Selasa, 10 April 2018 sekitar pukul 08.30 WIB, akibat stroke ringan yang dideritanya. 

Pretty Asmara

Pretty Asmara meninggal dunia saat menjalani hukuman penjara akibat kasus penyalahgunaan narkoba. Dia menghembuskan napas terakhirnya pada Minggu, 4 November 2018, di RS Pengayoman, Jakarta Timur, akibat adanya infeksi di bagian paru-paru. Pretty Asmara meninggal dunia di usia 41 tahun.

Jenazah Pretty Asmara dimakamkan di kampung halamannya di Desa Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Senin, 5 November 2018.

George Taka

Aktor laga era 90-an, George Mustafa Taka, meninggal dunia pada Kamis, 1 November 2018, sekitar pukul 17.00 WIB. Almarhum menghembuskan napas terakhir di sebuah rumah sakit di bilangan Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.

George Taka meninggal dunia akibat mengalami serangan jantung. Dia sudah mengalami sakit jantung cukup lama. Bahkan sekitar 1 tahun sebelum meninggal, George Taka sempat menjalani tindakan medis berupa pemasangan ring.

Titi Qadarsih

Peragawati seklaigus aktris film senior Titi Qadarsih meninggal dunia di usia 73 tahun pada Senin, 22 Oktober 2018, akibat kanker usus stadium empat yang dideritanya. Dia meninggal dunia saat dalam perjalanan pulang menuju kediamannya di bilangan Cinangka, Depok, Jawa Barat.

Rudy Wowor

Aktor senior Rudy Wowor meninggal dunia di usia 74 tahun pada Jumat, 4 Oktober 2018. Jenazahnya dimakamkan di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, keesokan harinya. Rudy Wowor meninggal dunia akibat penyakit kanker prostat yang dideritanya sejak 2010.

Arief Rivan

Aktor senior Arief Rivan menghembuskan napas terakhirnya akibat penyakit jantung. Arief Rivan meninggal dunia di kediamannya di bilangan Beji, Depok, Jawa Barat, pada Selasa, 3 Juli 2018. Dia menutup lembaran hidup di usia 67 tahun.

Kepergian Arief Rivan cukup mengejutkan pihak keluarga karena malam hari sebelum meningal kondisinya cukup stabil.

Nurbuat

Pelawak senior Nurbuat meninggal dunia pada Kamis, 14 Juni 2018, akibat sesak napas dan serangan jantung. Jenazah Nurbuat diterbangkan ke kampung halamannya di Ambarawa, Jawa Tengah, dan dimakamkan di sana.

Gogon

Gogon meninggal setelah tampil di sebuah acara di Lampung pada 15 Mei 2018. Sebelum meninggal, Gogon sempat mengaku lelah dan capek akibat sesak napas yang kerap dialaminya.

Jenazah Gogon dimakamkan di kampung halamannya di Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Rabu, 16 Mei 2018. Gogon meninggalkan seorang istri, 2 orang anak dan 2 orang cucu.

Chef Harada

Koki asal Jepang Hiromitsu Harada meninggal dunia pada Senin, 19 Maret 2018, sekitar pukul 02.15 WIB, di Rumah Sakit Puri Cinere, Depok, Jawa Barat. Dia menghembuskan napas terakhir di usia 56 tahun setelah mengalami masalah pada bagian lambung.

Aa Jimmy

Aa Jimmy meninggal dunia saat menjadi pembawa acara di Pantai Tanjung Lesung, Sabtu, 22 Desember 2018 lalu. Tak hanya Aa Jimmy, istrinya, Hetti Nur Illah, dan kedua anaknya, Radea Putri Aninditya dan Naisa Rafani Aradhya, juga tewas akibat kejadian itu.

Ali Shahab

Sutradara senior Ali Shahab meninggal dunia pada Selasa, 25 Desember 2018 sekitar pukul 15.00 WIB.

(man/ari)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait