Mau Jadi YouTuber? Ini 5 Tips dari Andovi dan Jovial Da Lopez SkinnyIndonesia24

Wayan Diananto | 5 April 2019 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menurut Andovi Da Lopez, YouTuber sama seperti profesi lain. Dibutuhkan ketelatenan dalam menentukan konsep dan mengisi konten agar jumlah viewers meroket.

“Gue pikir sama kayak profesi lain. Kalau dijalani setengah-setengah, hasilnya enggak maksimal. Menjaga semangat itu penting. Biasanya, orang rajin di 3 bulan pertama. Habis itu, malas-malasan,” beri tahu Andovi. Ia dan Jovial Da Lopez kasih 5 tips buat kalian yang ingin bikin kanal YouTube. Apa saja?

1. Terapkan prinsip “Mulai aja dulu!”
Sepintas, kok kayak slogan iklan toko daring, ya? “Tapi ini benar. Mulai aja dulu. Kadang orang punya cita-cita pengin bikin kanal YouTube. Pengin melulu, tapi enggak bergerak dan banyak alasan. Bilang kalau belum dapat ide lah. Alasan enggak punya alat canggih lah, belum punya konsep bagus lah. Alasan melulu, kapan bikinnya?” bilang Andovi.

2. Cari jati diri
Jadi YouTuber juga perlu jati diri, lo. Kita mesti mencari katakter khas lalu jadikan itu karakter kanal YouTube kalian. “Misalnya, kalian hobi banget sama sofa atau furnitur. Ya sudah, jadikan itu ciri khas konten kalian. Jadi, orang kalau mau cari referensi furnitur atau sofa yang lucu-lucu dengan harga oke, akan mampir ke kanal YouTube kalian,” saran dia.

3. Konsisten
Ini terdengar klise tapi penting banget. “Perhatikan tren lalu tanya ke diri sendiri mampu enggak mengikuti tren itu? Sekarang lagi tren bikin vlog lalu diunggah di kanal YouTube setiap hari alias daily vlog. Bisa enggak kalian bikin konten setiap hari? Kalau enggak, ya bikin mingguan saja. Tapi harus ajek setiap minggu. Kalau habis mingguan bikin kontennya bulanan, penonton bakal kabur,” Jovial mengingatkan.

4. Kolaborasi
Sama seperti di musik, penyanyi A berkolaborasi dengan penyanyi B. Kadang, aliran musik mereka enggak sama tapi malah sukses melahirkan hit dan tren musik baru. “Di YouTube juga begitu. Dari sejak bikin SkinnyIndonesia24 tahun 2011, kolaborasi efektif mencuri perhatian netizen dan meningkatkan jumlah pelanggan,” aku Andovi.

5. Evaluasi
Kalau konsep sudah matang, konten digarap telaten dan diunggah rutin, serta rajin bikin kolaborasi, lakukan evaluasi. Idealnya, evaluasi dilakukan minimal setahun setelah kanal YouTube kalian mengudara. “Kalau empat hal tadi sudah dilakukan tapi jumlah pelanggan enggak bertambah signifikan, cek, deh. Apa yang salah? Kontennya yang enggak menarik, kolaborasinya garing, atau ada alasan lain?” papar Andovi, panjang.

SkinnyIndonesia24 kini telah dilanggani 1,4 juta akun berlangganan. Nama adik beradik ini populer di jagat YouTube. Mereka sering dapat tawaran kolaborasi dengan sesama YouTuber, main film, hingga jadi bintang tamu berbagai program anak muda. Minggu lalu misalnya, SkinnyIndonesia24 menjadi bintang tamu peluncuran inovasi baru Nescafe Lively Yuzu dan Cool Coconut.

“Dua inovasi ini terinspirasi dari konsep milenial masa kini, mashup. Mashup adalah perpaduan dua dunia berbeda yang menghasilkan karya menarik, seru, sekaligus penuh kejutan. Semoga kedua varian ini memperkuat posisi kami sebagai minuman kopi siap minum yang dekat dengan anak muda,” kata Business Executive Officer Ready to Drink Business Nestle Indonesia, Welih Sutidjan.

Biar makin seru, ada Nescafe Mashup World yang memamerkan karya inspiratif hasil kolaborasi anak muda berbakat dari berbagai bidang. Salah satunya, pelukis Naufal Abshar yang berkolaborasi dengan SkinnyIndonesian24. “Ini kali pertama gue dapat tantangan mashup dengan Naufal Abshar yang artsy,” seru Andovi. Hasil kolaborasi ini bisa kalian tonton di Nescafe Mashup World, dari 31 Maret sampai 7 April 2019 di Sarinah, Jakarta. Datang, yuk!

(wyn/ari)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait