Viral, Cerita Haru Wanita Penumpang Gojek Dapat Driver Disabilitas

Ari Kurniawan Kamis, 5 Desember 2019 08:30:57
Instagram

TABLOIDBINTANG.COM - Hiruk pikuk ojek online di jalanan ibu kota melahirkan banyak cerita. Salah satunya kisah yang dibagikan aktivis yang bergerak di isu kemanusiaan, Hening Parlan, di akun Facebook-nya. Hening bercerita tentang perjalanannya dengan Gojek dari Kawasan Manggala Wanabakti (Senayan) ke Cikini, Jakarta Pusat, pada Senin sore, 2 Desember 2019.

”Kutuliskan agar jemput di depan Bank Mandiri. Dan jawabnya: ‘siap.’ Tak lama, ada balasan; ‘saya sudah di depan Bank Mandiri,” Hening mengawali ceritanya. 

Sesampainya di titik penjemputan dimaksud, Hening menyapa sang pengemudi Gojek. ”Dia mengarahkan tangannya agar saya duduk. Setelah saya duduk ia menoleh ke saya dan bicara dengan bahasa isyarat yang saya tangkap bahwa ia bilang ia tidak bisa mendengar dan bicara,” terusnya.

Hening tersenyum kemudian mengangkat jempol sambil mengangguk. ”Kami pun jalan ke arah Cikini. Dan tahu nggak sih, sepanjang jalan itu saya mewek (menangis) karena terharu,” bilang Hening, ketika dikonfirmasi terkait postingannya tersebut. 

View this post on Instagram

Berbagisemangat.com – Melalui akunnya, Hening Parlan menceritakan kalau saat itu sedang memesan dan menunggu driver ojek online menjemput. Ketika driver datang, ia dipersilakan duduk. . Namun yang membuatnya kaget, driver ini berbicara kepadanya dengan bahasa isyarat. “Setelah saya duduk ia menoleh ke saya dan bicara dengan bahasa isyarat yg saya tangkap bahwa ia bilang ia tidak bisa mendengar dan bicara,” cerita Hening Parlan, di Facebook. . Mendapat driver yang memiliki keterbatasan khusus memang tak disangka perempuan ini. Sepanjang jalan menuju tempat tujuan, perempuan ini mengaku duduk sambil menahan haru. . Ia membayangkan bagaimana hebatnya driver bernama Azis Setiana ini. Meski dengan keterbatasan, ia tetap semangat untuk mencari nafkah dengan cara halal. Setelah sampai, driver ini menunjuk handphone miliknya menandakan kalau pesanan sudah selesai. . Hening Parlan kemudian mengembalikan helm sambil menyalami driver itu. Ia kemudian berjalan sedikit cepat untuk menghindari perasaan haru berada di momen tersebut. . “Mbaaak ….ia setengah teriak. Aku menoleh dan kembali padanya. Ia ulurkan tangan dan aku menyambutnya. Ia cium tanganku. Terimakaasih mbak (jawabnya terbata sambil melihat apa yg ku sampaikan ditangannya),” ujar perempuan itu. . Tak hanya Hening Parlan yang terharu. Rupanya driver tersebut juga ikut merasakan haru karena kebaikan yang dilakukan oleh penumpang satu ini. Usai diunggah belum lama ini, curhatan akun Hening Parlan cukup jadi sorotan di media sosial. Hingga kini postingan tersebut telah dibagikan puluhan kali dan mendapat puluhan komentar warganet.

A post shared by SUARA SEMANGAT (@suarasemangat) on

Terlebih Hening menyadari bahwa perjalanannya bersama Azis itu sehari jelang Hari Disabilitas Internasional pada 3 Desember. ”Kebetulan saya memang bergerak di isu-isu kemanusiaan jadi saya perhatikan soal-soal seperti itu,” ucapnya. 

Sekuat tenaga Hening menahan agar tangisnya tidak pecah. Ia terus membayangkan betapa hebat Azis dengan keterbatasannya mencari nafkah sebagai mitra ojol. Dikatakan Hening, mencari nafkah merupakan hak semua orang. Siapapun boleh dan berhak mencari rejeki yang halal. ”Teman-teman yang berkebutuhan khusus tidak ada bedanya dengan yang lain. Justru harus diapresiasi,” kata dia.

Lebih lanjut, Hening meminta semua pihak untuk saling berempati. Dalam konteks konsumen dengan mitra Gojek, menurutnya, hal tersebut bisa direalisasikan dengan saling pengertian. ”Jangan membatalkan sepihak, marah-marah karena telat, pesanan makanan dibatalkan tanpa sebab, dan sebagainya. Karena kita tidak tahu kondisi mereka bagaimana,” sarannya.

Kepada mitra Gojek penyandang disabilitas seperti Azis, Hening juga berpesan supaya tidak patah semangat. Teknologi membantu memudahkan pekerjaan di tengah keterbatasan atau kendala yang harus dihadapi.

”Kita semua manusia punya takdir yang tidak sama. Harus melihat ke depan dengan positif. Apalagi yang beruntung diberikan kesehatan dan kelebihan lainnya ya. Harus lebih bersyukur,” ungkapnya.

Di akhir perjalanan, setibanya di tujuan, Hening memberikan apresiasi tinggi kepada Azis. Salah satunya terwujudkan dengan foto (selfie) bersama. ”Kujabat erat, kamu hebat....semangaat yaaa ...kamu hebaat. Aku bangga dengannya dan terharu.”

Penulis Ari Kurniawan
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.