Tak hanya Memperkara Diri, Pebisnis Diharap Ikut Pecahkan Persoalan Sosial

Redaksi | 7 Desember 2019 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tak hanya mencari keuntungan untuk diri sendiri, pelaku bisnis di Indonesia juga didorong untuk menawarkan solusi bagi tantangan sosial dan lingkungan, sekaligus membantu pemerintah memenuhi target pembagunan berkelanjutan. 

"Sangat penting bagi kita, baik secara perseorangan maupun perusahaan, untuk semakin peduli akan dampak yang kita berikan terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar kita, terutama dengan semakin mendesaknya isu perubahan ilum dan masalah sampah," kata Pricilla Henriette dari B Corp Community Indonesia dalam keterangannya di Jakarta. B Corp Community Indonesia merupakan komunitas perusahaan dan organisasi dengan visi melakukan operasi bisnis berkelanjutan

Pricilla juta menyoroti adanya perubahan perilaku konsumen seperti yang ditunjukkan Global Consumer Confidence Survey yang dilakukan oleh The Conference Bard dan Nielsen pada tahun 2017. 

Sebanyak 81 persen responden menyatakan dengan tegas, bahwa perusahaan harus turut serta dalam usaha menjawab masalah-masalah sosial dan lingkungan. 

"Sebagai bagian dari B Corp Community kami telah sejak lama menyadari pentingnya menjalankan praktik bisnis yang seimbang, yaitu tak hanya befokus menghasilkan keuntungan semata, tapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sosial," ujarnya.

B Corp Community di Indonesia yang beranggotakan Danone-Aqua, Prasetya Mulya, Innate Motion, dan SIAP, telah menyelenggarakan "B Corp Forum 2019 - Dare to Care: Usig Business as a Force for Good".

Setelah seukses diadakan pertama kali pada 2018, forum tahunan ini mengundang lebih dari 200 peserta yang berasal dari berbagai entitas, seperti badan pemerintahan, perusahaan rintisan baru, perusahaan swasta, mahasiswa, dan pelaku usaha sosial. 

Forum ini bertujuan lebih dari sekadar meningkatkan kesadaran para pemangku kepentingan untuk menerapkan praktik-praktik bisnis berkelanjutan demi menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi konsumen dan masyarakat. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait