Barasuara Temukan Inspirasi Lagu dari Kegiatan Konservasi Pegunungan Ijen

Ari Kurniawan | 18 Desember 2019 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tak hanya soal cinta, Barasuara juga memuat pesan khusus tentang alam dalam lagu mereka. Seperti di single berjudul "Guna Manusia", yang ada di album kedua.

"Guna Manusia menceritakan penurunan daratan beberapa titik di Jakarta,” kata vokalis sekaligus gitaris Barasuara, Iga Massardi, di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (16/12). 

Diceritakan Iga Massardi, inspirasi untuk membuat lagu tersebut datang setelah menyaksikan tayangan televisi yang dipandu Najwa Shihab. Pada kesempatan itu Najwa membahas masalah penurunan daratan di Jakarta yang membuat air laut naik dan berpotensi menggenangi kota. 

"Di situ dipaparkan soal beberapa daerah yang secara permanen tidak bisa ditinggali karena sudah tergenang air laut," tutur Iga. 

Dengan kesadaran yang lebih besar untuk peduli terhadap lingkungan, Iga Massardi dan kawan-kawan pun menyambut gembira ajakan untuk terlibat dalam acara “Siap Sadar Lingkungan" (#SiapDarling), bersama Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Para personel Barasuara terjun langsung ke lahan bekas kebakaran di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, untuk menanam bibit pohon Cemara Gunung, bersama 250 mahasiswa dari 35 kampus di Indonesia. 

 

Kegiatan itu ternyata memunculkan ide bagi Iga Massardi untuk membuat lagu baru. "Oh iya, tentu bisa. Mungkin bisa diekslpor setelah dari sini," tandasnya.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait