Belajar Animasi Langsung dari Ilustrator Transformer dan GI Joe di ICEFEST 2019

Redaksi | 22 Desember 2019 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Raden Umar Said ambil bagian dalam ajang ICEFEST 2019. Festival-Expo keluarga dengan konsep education-entertainment (edutainment) ini berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD pada tanggal 19 hingga 29 Desember 2019. 

Selama 11 hari tersebut, para siswa jurusan animasi dari SMK binaan Djarum Foundation ini akan berbagi pengetahuan dan mengulas lebih dalam tentang dunia animasi kepada para pengunjung dengan mengangkat tema "GooGoo Space Journey".

Program Associate Djarum Foundation, Galuh Paskamagma, menuturkan kehadiran SMK Raden Umar Said dalam event ini merupakan langkah untuk memperkenalkan sekolah animasi kepada pelajar dari SD hingga SLTA, agar bisa mengetahui lebih dalam tentang dunia animasi dan perkembangannya di dunia saat ini.

“Kehadiran SMK Raden Umar Said ini guna memfasilitasi serta mengedukasi minat anak muda terhadap dunia animasi. Selama event, kami akan memberikan pengalaman baru dengan menggelar kelas-kelas rutin yang mengajarkan pembuatan film animasi dan dimentori langsung oleh siswa SMK yang memiliki kompetensi tinggi di bidang animasi, sehingga para pengunjung nantinya memiliki pemahaman yang lebih luas terhadap dunia animasi,” tutur Galuh.

Setiap harinya akan ada beragam aktivitas di booth T826-T827 yang ditempati SMK Raden Umar Said. Dimulai dengan kelas animasi pada pukul 11.00 WIB, pengunjung akan diajarkan cara membuat animasi yang menyenangkan. Kemudian dilanjutkan pada pukul 13.00 WIB, pengunjung akan diajak mengikuti kelas modeling yang merupakan bagian dari proses pembuatan animasi. Sedangkan pada pukul 15.00 WIB, pengunjung akan diajak belajar membuat ilustrasi.

Tidak hanya menghadirkan kelas-kelas singkat,sekolah vokasi yang berdomisili di Kudus, Jawa Tengah, ini juga akan mengajak pengunjung untuk mengikuti Master Class Workshop bersama para orang-orang hebat di dunia animasi. 

Salah satunya Chris Lie, animator Indonesia yang sukses merambah Hollywood. Ilustrator yang mendesain karakter GI-Joe hingga Transformers ini membuka kelas workshop bertajuk Digital Drawing pada Jumat, 20 Desember 2019.

Chris Lie menuturkan, drawing dalam dunia animasi merupakan hal dasar yang perlu dipahami. Sebabnya, dari materi tahapan inilah para illustrator dapat merangkai kerangka berpikir sebelum menghasilkan sebuah karya.

“Untungnya sekarang proses drawing ini menjadi lebih mudah karena saat ini semuanya serba digital. Disinilah saya ingin menunjukkan ke peserta bedanya mengambar manual dengan digital dan tahapan serta teknik apa saja yang bisa dilakukan dalam membuat sebuah karya animasi,” ujar dia.

Selain Chris Lie, SMK Raden Umar Said juga mengundang penulis kenamaan Indonesia, Ita Sembiring, yang akan berbagi trik dengan pengunjung seputar penulisan cerita pada tanggal 22 Desember 2019. 

Master Class Workshop juga akan mengajak pengunjung belajar membuat Cycle Animation oleh Jamal Alwy dan Game Cinematic oleh Kevin Herjono pada 24 dan 26 Desember 2019. Sesi bersama para ahli di dunia animasi ini akan dimulai pukul 13.00 -17.00 WIB dengan kapasitas 12 orang setiap kelasnya.

Tak hanya workshop bersama siswa SMK Raden Umar Said dan para praktisi hebat di bidangnya, pengunjung yang sudah mengikuti kelas-kelas tersebut juga akan diberikan kesempatan memamerkan hasil karya mereka melalui kompetisi animasi, ilustrasi dan modeling pada 28 Desember 2019. 

Pada 29 Desember 2019, SMK Raden Umar Said juga membuka kompetisi yang sama bagi masyarakat umum dan dapat diikuti oleh pelajar SLTP hingga SLTA. Dua kompetisi ini memperebutkan 6 unit Wacom Intuos untuk 6 orang pemenang.
 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait