Peduli Lingkungan, Abdul Idol Tanam Pohon di Candi Gedong Songo

Ari Kurniawan | 6 Maret 2020 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol, Ahmad Abdullah Baladjam atau yang lebih dikenal Abdul Idol, turut andil dalam kegiatan pelestarian lingkungan Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) di kawasan Candi Gedong Songo, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (5/3).

Bersama Abdul, ada sekitar 250 mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia, seperti Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret Surakarta, UIN Walisongo Semarang, Universitas Negeri Semarang, dan 50 Universitas lainnya. Adapun jenis pohon yang ditanam pada kegiatan ini ialah Bambu Jepang, Hujan Mas, Pucuk Merah, Tabebuia Rosea, Pinus, Puspa, Pinus, Puspa, dan Akar Wangi.

"Adanya program ini sangat mendukung dan bisa terlibat itu seneng banget. Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang menjaga dan melestarikan?" kata Abdul Idol di sela acara. 

Dalam keseharian, Abdul juga selalu menerapkan kecintaan pada lingkungan. 

"Minimal dengan buang sampah pada tempatnya. Itu yang bisa kita lakukan setiap hari," lanjut pria kelahiran Kupang, 31 Mei 1990 itu.

Sementara itu, Victor Hartono selaku President Director Djarum Foundation mengungkapkan bahwa kegiatan penghijauan candi-candi akan terus dilakukan ke berbagai daerah lainnya.

"Kalau di candi-candi baru 10 ribu. (Pernah juga dilakukan di) Prambanan, Ratu Boko, dan Candi Ijo. Nanti satu-satu candi di Indonesia. Nanti Borobudur di tengah tahun ini," jelasnya.

Program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) merupakan hasil kerjasama Bakti Lingkungan Djarum Foundation dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

Sebanyak 868 pohon dan semak ditanam di berbagai titik yang tersebar di Kompleks Percandian Gedong Songo dengan bibit yang berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang terletak di Kudus, Jawa Tengah.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait