Ratusan Milenial Ikut Menghijaukan Kawasan Candi Gedong Songo

Ari Kurniawan | 6 Maret 2020 | 05:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tak kurang dari 250 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia turut andil dalam program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling). Mereka disebut sebagai Darling Squad.

Kamis (5/3), Darling Squad melakukan penanaman bibit pohon di kawasan Candi Gedong Songo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Adapun jenis pohon yang ditanam pada kegiatan ini ialah Bambu Jepang, Hujan Mas, Pucuk Merah, Tabebuia Rosea, Pinus, Puspa, Pinus, Puspa, dan Akar Wangi.

President Director Djarum Foundation, Victor Hartono, mengatakan Siap Darling dapat menjadi medium bagi para generasi milenial yang memiliki semangat besar untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan lewat tindakan konkret yang menyenangkan.

“Djarum Foundation mengajak mahasiswa untuk melakukan langkah nyata agar lebih peduli terhadap lingkungan. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan bangga dikarenakan mereka turut berperan serta menghijaukan situs-situs warisan bersejarah Indonesia serta menularkannya kebiasaan baik ini di masyarakat luas,” kata Victor Hartono, di sela acara. 

Dengan terlaksananya Siap Darling secara berkelanjutan maka diharapkan agar situs warisan sejarah di Indonesia bisa menjadi destinasi favorit masyarakat dikarenakan terjaga kelestariannya. Begitu pula halnya Kompleks Percandian Gedong Songo, candi peninggalan Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, tepatnya di lereng Gunung Ungaran ini. 

“Harapan jangka panjang adalah langkah ini akan menciptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan. Di samping itu, Kompleks Percandian Gedongsongo semakin menawan dan nyaman bagi wisatawan, sehingga bisa menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Semarang. Hal ini tentunya memiliki dampak positif baik dari sisi lingkungan hingga menggerakkan roda ekonomi masyarakat sekitar,” ujar Victor Hartono lebih lanjut.

Sementara itu, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, Sukronedi, menyambut positif upaya Djarum Foundation melestarikan situs sejarah melalui program Siap Darlling. Gerakan ini diyakini mampu menumbuhkan rasa cinta para generasi muda terhadap lingkungan dan warisan para leluhur.

“Saya meyakini Siap Darling mampu mengubah paradigma kaum milenial bahwa berkunjung ke tempat bersejarah tidaklah membosankan, tapi justru membanggakan. Sebab bangsa yang besar adalah yang menghargai sejarah dan juga merawat apa yang ditinggalkan leluhur kepada kita,” ucapnya.

Program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) merupakan hasil kerjasama Bakti Lingkungan Djarum Foundation dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

Sebanyak 868 pohon dan semak ditanam di berbagai titik yang tersebar di Kompleks Percandian Gedong Songo dengan bibit yang berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang terletak di Kudus, Jawa Tengah.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait