Langkah Gojek Hadapi Wabah Corona Mendapat Apresiasi

Redaksi | 28 Maret 2020 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sepinya aktivitas warga di tengah pandemi Corona atau Covid-19 membawa nestapa bagi para pengemudi ojek online (ojol). Pendapatan mereka menurun drastis.

Untuk meringankan beban pengemudi ojol di jalan, manajemen dan karyawan Gojek menghimpun dana dari gaji mereka. Langkah ini mendapat apresiasi dari para mitra. 

“Pihak Gojek kepeduliannya sudah sangat luar biasa. Kami juga dibagikan masker, hand sanitizer, vitamin C. Kepedulian luar biasa untuk para mitranya yang tetap semangat onbid,” ungkap salah satu Mitra Gojek, Riza Nurpadillah.

Riza mengakui, sejak pemerintah menganjutkan warga beraktivitas di rumah, pendapatannya berkurang signifikan. Namun dirinya bersyukur masih mendapat pemasukan tambahan dari naiknya orderan GoFood di beberapa wilayah. 

Ini terjadi setelah adanya program Gojek yang mendorong agar GoFood dapat menjadi pilihan saat sekarang adanya kebijakan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah untuk sebagian besar karyawan perusahaan di Indonesia. 

“Ya otomatis pendapatan berkurang, yang paling terasa GoRide. GoFood ada peningkatan, tapi tidak menyeluruh, tergantung wilayah,” ujarnya.

Riza mengatakan hingga saat ini di wilayah Tangerang, sebagian besar Mitra pengemudi tetap beroperasi.

“Rata-rata masih onbid, bukan tidak mengindahkan imbauan pemerintah, meski takut, rasa takut kami kalah dengan desakan kebutuhan,” katanya.

Riza berpesan kepada sesama rekan pengemudi, untuk menjaga pola makan, memperbanyak istirahat, tidak memaksakan kondisi tubuh saat terasa lelah, selalu menjaga kebersihan atribut mulai helm, sarung tangan, serta sering-sering mencuci tangan 20 detik pakai sabun atau Hand Sanitizer saat di lapangan. 

“Kita ini pejuang keluarga, harus tetap sehat, kalau kita jatuh sakit, keluarga kita bisa terbengkalai. Semoga Covid-19 di Indonesia segera berakhir,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Jhon Rony Fetriandy, Mitra pengemudi Jabodetabek. Meski orderan Goride turun, dirinya mengaku bersyukur untuk Gosend masih stabil. Bahkan untuk orderan Gofood terjadi peningkatan. Ia optimistis bisa memenuhi kebutuhan keluarga dengan tetap beroperasi.

"Selama Covid-19 masih banyak yang beroperasional, termasuk saya, dengan tetap melaksanakan protokol pencegahan, yaitu jaga jarak, sering cuci tangan dan tidak berkumpul. Kami mengapresiasi manajemen Gojek yang membagikan Hand Sanitizer, Masker dan vitamin ke setiap mitranya dibantu oleh Tim PKM dan URC dan Kami juga selalu mendapat arahan dalam rangka pencegahan Covid-19," ujarnya.

Senada dengan Riza, Jhon mengimbau kepada rekan sesama Mitra untuk menjaga kebersihan diri, kendaraan dan atribut serta terus meningkatkan ibadah. 

"Mau kerja mandi dulu, pakaian yang bersih, motor dicuci atau dibersihkan setiap hari, helm selalu bersih, jaket juga, pakai Hand Sanitizer dan rajin cuci tangan, jaga jarak dan selalu jaga solat," katanya.

(ari)
 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait