Peduli Pekerja Pariwisata, Wagub Bali Terima Bantuan dari Dewa Gede Adiputra

Redaksi | 22 Mei 2020 | 01:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pandemi Corona atau Covid-19 menjadi pukulan berat pada beberapa sektor usaha. Salah satu yang terdampak paling parah adalah parisiwata. Sejumlah tempat wisata berhenti beroperasi, hingga banyak pegawai yang terpaksa dirumahkan. 

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pekerja pariwisata, PT Urban Company, MS Glow menyerahkan bantuan kepada Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace). Bantuan diserahkan langsung oleh Dewa Gede Adiputra, didampingi istri, Maharani Kemala, untuk nantinya didistribusikan kepada pihak yang membutuhkan. Acara berlangsung di ruang tamu Wagub, di Denpasar, pada 8 Mei 2020. 

Dalam kesempatan tersebut, Cok Ace menyebut sektor pariwisata adalah penyumbang PAD terbesar untuk pembangunan Bali. Masyarakat Bali sebagian besar bergantung dari sektor ini untuk hidup dan pemajuan ekonominya.  “Penggerak ekonomi terbesar di Bali adalah sektor pariwisata. Dalam hal ini hotel dan restoran yang membayar pajak tertinggi di Bali, untuk pembangunan Bali,” terangnya.

Di saat sektor pariwisata Bali terpuruk seperti sekarang, maka dampaknya sangat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. “Pariwisata juga memberikan imbas positif selama ini untuk segenap masyarakat Bali. Para petani dan pedagang kita juga terbantu karena produk mereka dibeli oleh masyarakat yang bekerja di sektor pariwisata,” sambungnya.

Di saat seperti ini, ketika para pekerja hotel dan restoran banyak yang dirumahkan atau kena PHK, maka sektor lain akan kena imbasnya juga. Cok Ace mengapresiasi banyak masyarakat yang mempunyai tabungan maupun pengusaha di saat seperti ini bahu-membahu menolong sesama.

Bukan hanya para petani, namun juga para pekerja pariwisata yang terdampak karena pandemi Covid-19 ini. Bantuan-bantuan seperti ini, menurutnya, telah meringankan PHRI, asosiasi yang menaungi hotel dan restoran di Bali. “Saya berharap semakin banyak masyarakat yang tergerak hatinya untuk ikut menyisihkan tabungannya membantu saudara-saudara kita yang kena dampak ini. Kita tunjukkan semangat gotong royong kita dalam menghadapi bencana ini,” tutupnya.

Sementara itu Dewa Gede Adi Putra menyatakan bahwa pihaknya tergerak untuk membantu para pekerja pariwisata, setelah terjun langsung dan melihat betapa dahsyatnya dampak virus Corona ini bagi mereka.

Ia mengaku pihaknya menargetkan menyumbang 11 ton beras dan sembako lainnya yang disalurkan tidak hanya untuk para pekerja pariwisata, namun juga untuk mereka yang membutuhkan seperti petani maupun pedagang. Menurutnya sekitar 5 ton beras sudah disalurkan di seluruh Bali, dan kita menargetkan akan rampung secepatnya.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait