5 Keunikan Penggunaan Twitter di Indonesia

Redaksi Kamis, 2 Juli 2020 14:00:01
Twitter

TABLOIDBINTANG.COM - Hari Media Sosial, yang jatuh setiap 10 Juni, tercetus dari anggapan bahwa edukasi cara menggunakan media sosial yang baik dan benar serta membawa pengaruh positif bagi masyarakat luas harus secara konsisten dilakukan. Media sosial pun kini menjadi bagian tak terpisahkan dari pengguna internet dalam mencari dan berbagi informasi. Twitter dengan audiensnya yang beragam pun memungkinkan pengguna menciptakan konten yang tidak hanya unik, tapi juga menginspirasi pengguna lainnya. 

Pengguna internet di Indonesia semakin meningkat menjadi sekitar 175 juta, dan setidaknya 90 persen dari mereka adalah pengguna aktif media sosial. Di Hari Media Sosial Internasional (World’s Social Media Day) tahun ini, Twitter pun turut merayakan momentum ini dengan menyoroti beberapa hal yang menjadikan penggunaan Twitter unik di Indonesia.  

Berikut ini lima keunikan penggunaan Twitter di Indonesia: 

1. Twitter sebagai sumber inspirasi 

Dengan sifat pengguna Twitter yang influensial dan reseptif terhadap hal baru, konten bermanfaat dan unik akan selalu menarik untuk disimak. Keberanian seseorang untuk memulai wirausaha yang akhirnya berbuah kesuksesan, misalnya, menjadi sumber inspirasi bagi pengguna Twitter lainnya. Salah satu konten inspirasional yang terdapat di Twitter adalah kisah perjuangan Dara Prayoga (@daraprayoga) dari zero to hero yang ia ceritakan dengan membuat sebuah utas atau thread. 

 

2. Sebagai tempat berbagi tentang keahlian tertentu dan melakukan edukasi 

Wahyu Ichwandardi (@pinotski), yang lebih akrab dengan panggilan ‘Pinot’, seorang ilustrator Indonesia yang telah mendunia, menggunakan Twitter untuk mengedukasi pengikutnya. Selain menunjukkan karya seni terbarunya, Pinot juga sering berbagi ilmu dan tips terkait desain grafis dan animasi serta menyemangati audiens untuk berani menciptakan sebuah karya seni. Baru-baru ini, misalnya, ia berbagi ilmu tentang berbagai teknik tracing menggunakan proyektor video. 

 

3. Tempat menemukan kegemaran baru

Sebagai media sosial berbasis minat, pengguna Twitter selalu mengikuti perkembangan terkini untuk hal-hal yang menjadi kegemaran mereka. Bagi mereka yang hobi memasak, Tastemade Indonesia (@tastemadeid) mengunggah berbagai resep praktis mulai dari comfort food hingga resep eksperimental. Pengguna dapat selalu menemukan inspirasi terkait hidangan sehari-hari yang bisa dimasak dengan mudah.

 

Bagi pengguna Twitter yang memiliki minat khusus terhadap gaming, Abuget (@abugetdotcom) adalah salah satu akun yang bisa dijadikan sumber referensi. Selain menemukan berita terbaru tentang game yang akan dirilis, pengguna juga bisa berbagi keseruan dengan audiens gaming lainnya.

 
 
Selain memasak dan gaming, pengguna Twitter juga dapat menemukan minat baru lainnya melalui konten-konten menarik sesuai preferensi mereka dengan menggunakan fitur ‘Topik untuk topik-topik percakapan terkini. Fitur ‘Topik’ dapat dipelajari lebih lanjut melalui Pusat Bantuan Twitter. 

4. Mewujudkan inisiatif sosial virtual menjadi nyata

Pandemi COVID-19 memunculkan banyak inisiatif sosial di Twitter dan tidak sedikit pula yang kemudian berujung pada aksi nyata. Beberapa waktu lalu, Budhi Hermanto (@budhihermanto), seorang Direktur di Klinik Adhiwarga PKBI di D.I. Yogyakarta, berinisiatif mengumpulkan para penjahit rumahan secara sukarela untuk membuat Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis. Inisiatif ini dilakukan untuk menghadapi masalah kekurangan ADP yang sempat dihadapi D.I. Yogyakarta.

 

5. Twitter sebagai referensi audiens untuk beragam topik

Selain keempat hal di atas, Twitter juga menjadi tempat audiens untuk mencari referensi soal film, wisata, dan konten-konten lucu. Beberapa  akun yang membahas film dan serial TV antara lain adalah Cenayang Film (@CenayangFilm) dan Netflix Indonesia (@NetflixID). Keduanya menjadi favorit karena cara interaksi yang unik dan kreatif dengan pengikut mereka dan juga rekomendasi tepercaya berupa sinopsis film dan serial, hingga meme yang mengundang gelak tawa.

 

Selain membahas film, topik wisata juga ramai dibicarakan di Twitter dengan semakin antusiasnya audiens merancang perjalanan mereka ketika sudah tiba saatnya bepergian. Sebagai referensi, salah satu e-commerce terbesar Indonesia, Traveloka (@traveloka), selalu memberikan konten-konten sahih yang menginspirasi untuk mempersiapkan bucket list destinasi perjalanan yang dapat dikunjungi di masa yang akan datang. 

 

Penulis Redaksi
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.