Anugerah Karya Cipta Dokter Indonesia Tutup Rangkaian HBDI 2020  

Redaksi | 16 Desember 2020 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rangkaian acara Hari Bakti Dokter Indonesia 2020 (HBDI) yang telah digelar sejak Agustus lalu resmi ditutup pada Sabtu (12/12).

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang didukung oleh Klikdokter merampungkan HBDI dengan pemberian award Anugerah Karya Cipta Dokter Indonesia 2020 (AKCDI).

Penutupan HBDI digelar pada Sabtu malam di JS Luwansa Hotel, Kuningan, Jakarta. Selain di lokasi, acara ini juga bisa diikuti melalui aplikasi Zoom bagi para tamu undangan.

Protokol kesehatan ketat juga diterapkan sebelum acara digelar. Dari kapasitas ruangan yang bisa mencakup 750 orang, hanya diisi oleh 150 orang.

Para peserta penutupan HBDI 2020 juga melalui pemeriksaan suhu, wajib menyerahkan hasil rapid - jika tidak ada akan di test rapid di tempat - disediakan face shield, masker, dan sarung tangan.

Acara ini diikuti oleh seluruh pengurus PB IDI dari seluruh Indonesia, perwakilan dari Kemenkes RI, BPOM, pejabat pemerintah lainnya dari Gugus Tugas COVID-19, BPJS, serta para mitra IDI.

Dalam sambutannya pada acara tersebut, dr. Daeng M Faqih, SH MH selaku Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia mengatakan bahwa acara pada malam hari ini didedikasikan kepada seluruh dokter, tenaga kesehatan, dan seluruh pejuang yang berperan melawan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Anugerah Karya Cipta Dokter Indonesia (AKCDI) tahun ini jatuh kepada Dr. dr. Andri Marulitua Lubis, SpOT (K), dr. Trifena, M.Si. M. Biomed, dan Dr. dr. Muh. Irwan Gunawan, Sp.B (K) Onk sebagai 3 karya terbaik.

AKCDI merupakan program penghargaan kepada dokter Indonesia yang telah melakukan penelitian berdedikasi dan bekerja keras dalam menghasilkan karya penelitian di bidang kesehatan dan didukung penuh oleh PT. Kalbe Farma, Tbk (Kalbe).

Atas anugerah ini, diharapkan karya para pemenang akan memberikan manfaat bagi dunia kesehatan dan masyarakat Indonesia.

Setiap tahunnya, HBDI diperingati dengan berbagai rangkaian acara yang diikuti peserta dari seluruh Indonesia.

Karena masa pandemi virus corona saat ini, rangkaian HBDI dilakukan secara daring, namun tak menyurutkan peserta yang mencapai jumlah ribuan orang. Peringatan HBDI yang didukung Klikdokter dimulai dengan rangkaian webinar pada Juli hingga Agustus lalu.

Pada September hingga November, digelar 3M Video Challenge. Acara dilanjutkan dengan lomba Poster Edukasi Tingkat SD. Untuk meningkatkan imunitas dan kesehatan masyarakat, digelar juga virtual sport berupa Zumba dan Cycling yang pada November dan Desember lalu.

“Berbagai rangkaian acara HBDI ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam rangka Membangun Ketahanan Kesehatan Bangsa Indonesia, khususnya di masa pandemi,” ujar ketua HBDI 2020 dr. Aditiawarman, MPH.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait