Cara Unik Laura Widyatmodjo Kumpulkan Dana untuk Gerakan Peduli Lingkungan

Ari Kurniawan Kamis, 10 Juni 2021 07:00:26
Laura Widyatmodjo. (Ari/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Pegolf junior Laura Widyatmodjo melakukan aksi peduli lingkungan. Gadis 17 tahun itu memilih cara yang cukup unik untuk mengumpulkan dana, yakni dengan melakukan aksi juggling bola golf.

Dana yang terkumpul diserahkan Laura kepada Teens Go Green Indonesia, yakni organisasi yang aktig melakukan konservasi dan edukasi lingkungan hidup.

“Donasi dikumpulkan sejak 25 Maret hingga Mei 2021. Donasi berupa uang akan diserahkan pada komunitas Teens Go Green untuk melakukan kegiatan edukasi lingkungan ke remaja. Total donasi yang terkumpul berjumlah 15.100.000 (rupiah)," ujar Laura, usai penyerahan hasil donasi di acara "Bumi Rumah Kita", di Senayan City, Jakarta, Selasa (8/6).

Dalam penyerahan hasil donasi tersebut, Laura menggandeng salah satu desainer yang juga ikon pemerhati lingkungan, Chitra Subyakto. Chitra turut menyampaikan sejumlah pemikirannya terkait masalah sampah.

“Keprihatinan saya berawal saat mengetahui kita ini sudah sampai tingkatan darurat sampah dan penyumbang sampah antara lain adalah tekstil. Menumpuknya limbah tekstil ini antara lain merupakan akibat berkembangnya industri fast fashion," papar Chitra.

Sebagai desainer yang hidup dari kreativitas mengolah tekstil, Chitra pun tergelitik untuk berbuat sesuatu demi lingkungan. Salah satunya yang sudah berjalan sejak 2020 adalah mendukung industri yang mengolah pakaian bekas menjadi tekstil daur ulang. 

"Upaya ini tidak akan signifikan hasilnya jika dilakukan sendiri, masyarakat juga harus terlibat. Maka pameran Bumi Rumah Kita ini kami gelar untuk menginspirasi dan mengajak masyarakat terlibat dalam upaya mengubah perilaku, mencitakan ekosistem dan menjadi komunitas yang ramah lingkungan. Dari titik ini kami berharap semakin banyak teman-teman yang sadar pentingnya memikirkan circularity dalam membuat plan," jelasnya.

Hal yang sama dirasakan Laura ketika melihat tumpukan plastik yang ada di sungai-sungai di lapangan golf. Sampah ini bukan saja mencemari sungai, tetapi terus terbawa hingga ke laut, dan hal inilah yang membuatnya tertarik untuk membuat kampanye lingkungan melalui olahraga yang ditekuninya, bersama teman-temannya. 

"Saya berencana untuk melanjutkan kampanye ini selama tahun ini dan memberikan donasi yang terkumpul untuk beberapa proyek berbasis lingkungan lainnya," ujar Laura, yang aktif bermain golf sejak 12 tahun. 


Penulis Ari Kurniawan
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.