Warga Belanda Antusias Mengikuti Seni Permainan Indonesia

Redaksi | 5 Agustus 2021 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Meski sudah lama tinggal jauh dari Tanah Air, tak begitu saja melupakan budaya asli Indonesia. Tak terkecuali bagi ketiga penggiat event, seni, dan musik Indonesia di Belanda: Hari Sasmito, Annika Kuyper, dan Theo Pramono. Lama tak bisa mengunjungi kerabat dan keluarganya di Indonesia karena pandemi yang berpanjangan, mereka antusias menggagas  kegiatan  seni  dan permainan anak Indonesia di negeri “kincir angin” bertajuk “De Cultuuruin” yang berarti taman budaya.   

Ketiganya melalui payung yang berbeda; Mitos Event Media, Matahari Media, dan Resroom Production di Belanda melakukan sinergi bersama guna mengangkat kembali seni budaya Indonesia didukung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Belanda dan Fund for Cultural Partcipation. Mereka  menggelar workshop kesenian dan permainan nusantara di Belanda selama 3 hari pada akhir pekan lalu (30 Juli – 1 Agustus 2021) di salahsatu lokasi  kuliner Amsterdam, Belanda, Haddock Restaurant.

Menurut Heri Sasmito dari Mitos event Media di Belanda, “De Cultuurtuin” (taman budaya) merupakan  project  paduan dari  edukasi dan entertainment  yang mengangkat kembali pertunjukan seni budaya Indonesia yang dikemas dalam bentuk Workshop. “Dalam kegiatan ini, kami mengangkat tema budaya melalui  sejumlah  permainan anak nusantara  dan  mengajak anak-anak diaspora Indonesia yang terlahir di Belanda maupun masyarakat Belanda  untuk terlibat aktif lewat  berbagai aktivitasnya. De Cultuurtuin memperkenalkan dan mengenang  kembali  sejumlah seni  permainan khas  Indonesia  yang  unik, menarik, dan mengasikan kepada masyarakat yang berada  di Belanda," jelas Heri Sasmito.

Aktivitas De Cultuurtuin (Taman budaya) digelar lwat  sebuah program interaktif yang menyenangkan  dimana anak-anak dapat  terlibat secara langsung mengikuti  setiap  permainan di dalam ajang tersebut. Beberapa di antaranya dikemas dalam bentuk pelatihan  prakarya yang juga dapat  melibatkan peran aktif orang tuanya. Setiap harinya  kegiatan  De Cultuurtuin terbagi  atas  3 sessi menarik  yang memungkinkan pengunjung  secara bergantian mengikuti  setiap  aktivitas seni pemainan menarik khas Indonesia.  

Sejak hari pertama antusiasme pengunjung  kegiatan De Cultuurtuin cukup tinggi dengan hadirnya workshop tarian tradisional Indonesia. Salahsatunya tarian jaran kepang asal Ponorogo, Jawa Timur, yang berhasil  menarik perhatian pengunjung, terutama anak-anak, untuk terlibat aktif mengikuti workshop dipandu instruktur tari Indonesia Madaloka dari Rotterdam. Aktivitas ini juga mendapatkan perhatian besar dari Duta Besar RI di Belanda HE Mayerfas yang turut menyaksikan kegiatan tersebut. Sementara itu pada hari kedua, kegiatan De Cultuurtuin dilanjutkan dengan pertunjukan seni musik  angklung  bersama kelompok musik Melodi Bambu yang beranggotakan sejumlah orangtua asal Indonesia yang berdomisili di Belanda. Bahkan, ketika salahsatu hits lagu anak Indonesia “Burung Kakak Tua” dibawakan dengan musikalisasi angklung, seluruh pengunjung tua dan muda turut  spontan menyanyikannya secara bersama menambah keseruan ajang De Cultuurtuin ini.

Hari terakhir Event De Cultuurtuin ditutup dengan Workshop permainan layang-layang yang bisa diikuti anak dan orangtuanya. Walaupun sempat diwarnai rintik hujan, semangat mengenal seni permainan layangan di hari terakhir ini  juga cukup menyita perhatian pengunjung.  Dipandu  oleh penggiat layang-layang asal  Indonesia yang berdomisili di kota Alkmaar Belanda,  Ajo Chudria, para peserta cukup  menikmati  pelatihan membuat layang-layang hingga akhir acara berlangsung. Bahkan keceriaan terus berlanjut saat hujan mereda di siang hari. Peserta anak-anak  dan orang tua yang telah menuntaskan pembuatan layang-layangnya berpindah ke lapangan sepakbola  dekat  Haddock Restaurant untuk mencoba permainan  layang-layang  hasil karyanya. Tak kalah membanggakannya, para peserta anak juga mendapatkan semacam sertifikat apresiasi belajar budaya Indonesia dari  De Cultuurtuin  yang ditandatangani oleh HE Mayerfas (Duta Besar Republik Indonesia untuk Belanda).  

“Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi  masyarakat di Belanda untuk selalu  mencintai  dan merindukan kunjungannya ke  Indonesia.  Kami mencoba  menghadirkan sebuah ide sederhana dari pengalaman masa kecil  kami  di Indonesia dalam bentuk workshop kesenian dan permainan anak nusantara ini. Senang sekali melihat  antusiasme pengunjung  De Cultuurtuin  yang  luar biasa di  Belanda. Mudah-mudahan kegiatan  ini dapat  mengobati kerinduan kami terhadap Indonesia, sekaligus dapat menjadi rekreasi yang meringankan beban kita di tengah pandemi saat ini”, tambah Heri Sasmito.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait