Mulai Berbisnis di Masa Pandemi Covid-19? Ini Cara Agar Motivasi Anda Terus Membara

Wida Kriswanti Kamis, 5 Agustus 2021 12:00:04
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan membuat banyak orang terpikir untuk membangun bisnisnya sendiri. Kecil-kecilan pun tidak masalah. Karena terbukti bisnis perorangan yang dikelola dan dikerjakan sendiri justru cukup mampu bertahan dalam segala situasi. Saat krisis sekalipun.

Selain itu, memiliki bisnis sendiri juga sedikit banyak membuat hati tenang. Minimal, bayang-bayang PHK atau pemutusan hubungan kerja sebagai karyawan tidak lagi menghantui.

Akan tetapi, kebanyakan bisnis perorangan layu sebelum berkembang. Penyebab utamanya adalah motivasi usaha yang cepat menurun, hanya karena satu dua batu sandungan. Dilansir dari Life Hack, setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam upaya mempertahankan motivasi usaha Anda agar senantiasa membara.

1. Ketahui dulu bahwa motivasi usaha tidak bertahan dengan sendirinya

Dengan adanya kesadaran ini, maka Anda akan melakukan segala upaya agar motivasi usaha itu tetap ada. Tidak ada istilah keberuntungan atau kebetulan dalam bisnis. Segala perhitungan dan strategi sangat berpengaruh terhadap hasil yang dicapai.

2. Perluas jaringan

Sekecil apapun, jangan remehkan jaringan. Apakah itu sekadar grup chat di sekolah anak, komunitas, perkumpulan aktivitas, dan lain-lain. Asalkan Anda aktif dan luwes dalam bersosialisasi, banyak pintu dan inspirasi yang terbuka.

3. Fokus pada goal yang ingin diraih

Bisnis tanpa target adalah mustahil. Karena bagaimana kita tahu berhasil atau tidak jika tidak menetapkan target yang terukur? Misal, saat produk bisnis baru diluncurkan, Anda menargetkan semua toko online sudah aktif dalam waktu satu minggu. Target ini akan terus berubah seiring bertumbuhnya bisnis Anda. Fokuslah pada goal-goal ini, jangan lupa mencatatnya saat target tercapai. Lalu mulai fokus pada goal berikutnya. Begitu seterusnya.

4. Tetaplah berpegang pada misi awal (atau sekalian buatlah misi yang baru)

Beda dengan goal, misi adalah hal yang ingin Anda capai terkait bisnis itu sendiri. Misi akan membuat Anda tetap berada dalam koridor. Apapun yang Anda lakukan tidak melenceng dari misi yang sudah ditetapkan.

5. Rayakan keberhasilan, belajar dari kesalahan

Setiap keberhasilan patut dirayakan. Dari sini Anda akan semakin termotivasi dan yakin bahwa bisnis yang dikerjakan mampu memberi Anda rewards, hadiah, atau kesenangan. Namun jangan lupa, untuk tetap memperhitungkan kesalahan yang dilakukan dan menjadikannya sumber pembelajaran.

6. Indentifikasi kekuatan Anda dengan pesaing

Apakah Anda membangun bisnis hanya sekadar ikut-ikutan? Meramaikan pasar? Sebaiknya tidak. Bisnis yang kokoh hadir karena dibarengi hasrat menyaingi bisnis besar yang telah ada sebelumnya. NetFlix ada menyaingi bioskop. Gojek ada menyaingi taksi konvensional. Lantas bagaimana dengan pilihan bisnis Anda? Niatnya mau menyaingi siapa?

7. Luangkan waktu untuk menyepi

Mencari inspirasi dan menyegarkan pikiran sangat diperlukan bagi setiap pebisnis. Dengan rutin mengambil waktu untuk menyepi, bisnis Anda akan terus segar dengan ide-ide yang terus diperbarui. Asal jangan kelamaan ya, liburannya. Karena bisnis sejatinya tidak bisa ditinggal lama-lama. Hehehe.


Penulis Wida Kriswanti
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore