Lukisan Bertema Majapahit Karya Tondi Hasibuan Dipamerkan di Italia

Redaksi Jumat, 10 September 2021 04:30:38
Ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Seniman internasional asal Indonesia, Tondi Hasibuan, memamerkan lukisan terbarunya berjudul Kusman Hadi di Milan, Italia. Pameran lukisan yang berlangsung sejak 9 September hingga 24 September 2021 ini masih dalam rangkaian ajang Milan Design Week 2021.

Tondi memamerkan dua lukisannya yang bertema kontemporer Majapahit. Pelukis dari Huristak, Sumatera Utara, itu menggambarkan budayawan Majapahit, Kusman Hadi dengan belangkon Jawa dalam beberapa rupa.

"Tentu saya bangga bisa mengenalkan sosok budayawan yang banyak mengenalkan sejarah Indonesia terutama mengenai sejarah Majapahit di publik Kota Milan," ungkap Tondi, dalam keterangan persnya. 

Tondi mengatakan pameran ini merupakanserangkaian dengan even Milan Design Week 2021 Fuorisalon 20021 yang mengusung teknologi dunia. “Menampilkan hasil lukisan menggunakan layar lebar sehingga informasi dan detail lukisan bisa di zoom dan screaning buat pengunjung yang datang ke galeri,” terangnya.

Misi yang dibawa Tondi ke Milan adalah menonjolkan kembali kejayaan Indonesia di mata dunia. Apalagi, Indonesia dahulu memiliki sejumlah kerajaan yang sangat terkenal dan disegani kawan maupun lawan. “Makanya, saya menampikan sekaligus mengenalkan lukisan kontemporer Kerajaan Majapahit ke dunia internasional berupa karya Kusman Hadi dalam blankon Jawa,” tambahnya.

Pameran ini diselenggarakan M.a.d.s Art Gallery Milano, galeri kontemporer di Milan yang mengusung teknologi LED dan screen layar lebar dalam menyampaikan detail dan infornasi karya seni. Paneran ini dikuratori oleh Martina Viesti, seorang senior kurator dari M.a.d.s Art Gallery.

"Semoga warga Milan bisa semakin mengenal dan memahami dekat dengan sejarah Majapahit dengan balutan seni dan teknologi canggih yang jarang digunakan dalam sebuah pameran lukis," tutup Tondi.


Penulis Redaksi
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore