Tetap Produktif Saat Pandemi, Lakukan 3 Hal Ini yang Menularkan Ide dan Inspirasi Positif

Vallesca Souisa | 18 Februari 2022 | 04:00 WIB

Pandemi Covid-19 berdampak pada banyak lini kehidupan. Mulai dari kekhawatiran akan tertular COVID-19 hingga stress akibat terkena PHK. Belum lagi, ada beberapa yang mengalami penurunan pendapatan. Sejenak, semua perubahan yang tiba-tiba dan drastis ini memang bisa bikin cemas. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyebut ada 29,4 juta orang terdampak pandemi Covid-19. Jumlah itu termasuk mereka yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dirumahkan tanpa upah hingga pengurangan jam kerja dan upah. Di sisi lain, laporan media yang secara konstan memberitakan tentang angka dan keadaan yang sakit dan meninggal menambah rasa takut dan stress.

Ketika kita merasa stuck. Tenangkan diri sesaat, dan lihat apa yang masih bisa dilakukan dengan keterbatasan, dan bahkan dari rumah saja. Percayalah, Anda tetap bisa produktif. Meski mungkin, dengan cara yang lain, diluar kebiasaan Anda, atau diluar pekerjaan yang Anda selami selama ini. Ini dia beberapa hal yang potensial, yang bisa Anda lakukan, tak hanya berpotensi “cuan” di kemudian hari, tapi juga bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang lain. Bayangkan, Anda bahkan bisa berdampak dan bermakna bagi orang lain.

TABLOIDBINTANG.COM - 1. Berbagi Resep Masakan

Selama pandemi, pastinya Anda lebih memerhatikan makanan yang dikonsumsi, selain itu demi berhemat, Anda pasti juga memilih memasak sendiri. Sejak pandemi mulai, selain sebagai hobi, banyak masyarakat yang akhirnya semakin kreatif mempublikasikan hasil kreasi masakannya dalam bentuk video maupun foto di media sosial. Lebih dari sekedar tren, banyak juga yang menjadikan aktivitas ini sebagai usaha kecil-kecilan yang dijalani selama di rumah saja.

Nah, selain dari pada menjual makanan itu sendiri, Anda bisa membuat konten tentang resep-resep ramuan Anda. Misalnya diaplikasikan dalam bentuk video demo masak ala-ala chef. Lalu upload ke youtube. Semakin banyak yang dibagikan, semakin menarik kemasannya, bukan tak mungkin banyak yang bisa menonton konten Anda, dan ini bisa menghasilkan uang ke depannya.

2. Membuat Konten Inspiratif, Menebar Berkah

Tak terasa, sebentar lagi kita juga memasuki Ramadhan. Mengapa kita tidak mencoba berbagi inspirasi, motivasi, dan kebaikan dengan sesame melalui video-video konten kreatif. Sesuai trennya, Kurma Hijra—sebagai salah satu makanan superfood—yang telah hadir di pasar Indonesia sejak 20 tahun lalu, mengajak kalian nih, dalam kampanye #Hijrah30HariPenuhBerkah.

Sebuah kampanye yang positif. Anda bisa membuat kisah inspiratif, menyebarkan ide, yang mewabah ke banyak orang melalui video maupun foto. Jadikan diri Anda salah satu agen yang membangkitkan energi positif di tengah pandemi ini.

Hampir setiap manusia memiliki tujuan dalam hidupnya, tentu satu sama lain berbeda. Namun, ada kesamaan di antaranya, yakni setiap orang ingin memiliki kehidupan yang berkah dan bermakna. Ada hal-hal kecil yang berhasil melakukan perubahan besar. Ada banyak kisah yang membuktikan bahwa hal-hal kecil, yang sederhana, dengan modal yang minim, dapat menghasilkan perubahan yang besar dan drastis. Ada hadianya lho. Anda berkesempatan memenangkan hadiah mingguan dan hadiah utama 1 unit motor listrik Gesit. Mari, sambut Ramadhan dengan sukacita dan kegiatan yang berkah dan bermakna.

3. Menulis, Menyebar Semangat Sekaligus Mendapat Penghasilan Baru

Penting bagi setiap orang untuk menjaga agar selalu berpikiran positif dan selalu bersyukur dalam situasi tersulit sekalipun. Salah satu cara untuk tetap positif, melepas rasa stress adalah dengan menulis. Kalau saat ini, Anda di rumah saja, tak tahu harus berbuat apa. Mulailah mencoba dengan mengeluarkan uneg-uneg melalui tulisan. Mulailan menceritakan pengalaman Anda. Ini melapangkan kesesakan.

Setelah itu, cobalah mengembangkan tulisan Anda, mungkin menjadi tulisan yang memotivasi, tulisan yang membangkitkan keimanan, atau kisah-kisah inspiratif lainnya. Coba kemudian rilis tulisan Anda di blog, atau facebook, platform-paltform kekinian. Jika memang tulisan Anda bermanfaat dan menarik bagi banyak orang, ini bisa menjadi peluang baru bagi Anda. Entah Anda bisa menjadi bloger, atau bisa menjadi novelis, seperti penulis Layangan Putus, hingga kisahnya diangkat ke layar kaca.

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait