Imlek 2018, Harga Bunga Pasar Rawa Belong Naik hingga 300 Persen

TEMPO Kamis, 15 Pebruari 2018 09:10:06
Menjelang perayaan Imlek, Pasar Bunga Rawa Belong memang dibanjiri pembeli. TEMPO

TABLOIDBINTANG.COM - Margareth Halim serius memperhatikan karangan bunga pesanannya dirangkai di Rifani Florist, toko bunga di Pasar Rawa Belong, Jakarta Barat, pagi tadi, sehari menjelang Imlek 2018.

Wanita berusia 42 tahun tersebut mengatakan, karangan bunga itu untuk menyambut perayaan Imlek 2018 pada Jumat nanti, 16 Februari 2018. Karangan bunga tersebut terdiri dari bunga mawar, garbera, aster, lili, dan tulip.

Uniknya, seluruh bunga yang ia pilih berwarna merah. “Harus merah. Selain bunga, pita, kipas, dan dekorasinya merah juga,” kata Margareth pada Kamis, 15 Februari 2018.

Margareth mengeluarkan uang dari koceknya Rp 1,5 juta untuk belanja bunga di Rawa Belong. Kenaikan harga bisa 300 persen. Menurut dia, harga itu tergolong mahal karena biasanya dia hanya perlu keluar uang Rp 500 ribu di hari-hari biasa.

Dia menuturkan, tidak ada pemilihan jenis bunga tertentu untuk menyambut Imlek, yang terpenting bunga yang dibeli sebaiknya merah.

Pengunjung Pasar Rawa Belong lainnya, Liliana, pun sibuk menawar di Toko Yurie Group Florist. Wanita 40 tahun itu ditemani anak laki-lakinya yang membopong empat bungkus bunga lili merah.

Liliana membeli bunga-bunga warna merah untuk menyambut Imlek 2018 karena percaya warna merah dapat mendatangkan keberuntungan. “Merah artinya hoki, meriah, senang dan suka cita,” ucapnya sambil tersenyum sumringah.

Liliana telah menghabiskan Rp 800 ribu untuk membeli bunga lili. Berbeda dengan Margareth yang hendak mendekorasi rumahnya, Liliana belanja bunga untuk hadiah buat kerabat dan teman-temannya.

Menjelang perayaan Imlek, Pasar Bunga Rawa Belong memang dibanjiri pembeli. Pengelola Rosita Florist, Erwin Endriansyah, mengatakan bunga yang terjual kebanyakan memang berwarna merah, seperti mawar dan anturium.

Itu sebabnya, harga bunga mawar merah berbeda dibandingkan warna lain. Harga mawar merah bisa lebih tinggi 20 persen dibandingkan warna lainnya.

“Mawar warna merah harganya bisa Rp 300 ribu per 20 batang,” kata Erwin yang meraup berkah Imlek 2018.

TEMPO.CO

Penulis TEMPO
Editor Ari Kurniawan
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.