Heboh Rendang Crispy, MasterChef Inggris Sampaikan Klarifikasi

TEMPO Jumat, 6 April 2018 09:50:53
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Komentar juri Gregg Wallace dan John Torode di kontes memasak MasterChef Inggris memicu kontroversi. 

Dalam kontes itu, peserta kelahiran Malaysia, Zaleha Kadir Olpin, menyiapkan ayam rendang dengan nasi lemak, namun dia dieliminasi dari kompetisi setelah juri Wallace dan John Torode mengkritik makanannya.

"Saya suka rasa rendang, ada rasa manis kelapa. Tapi kulit ayamnya tidak garing. Jadinya tidak bisa dimakan dan semua sausnya menempel di kulit jadi saya tidak bisa memakannya," kata Wallace di acara itu. Torode menyebut masakan Zaleha sebagai sebuah "kesalahan."

The Telegraph pada Rabu 4 April 2018, menyiarkan pernyataan juru bicara MasterChef bahwa "MasterChef selalu merayakan makanan internasional dan pada kesempatan ini komentar juri kami relevan soal makanan yang dimasak di acara itu."

"Gregg tidak menyarankan ayam rendang secara tradisional harusnya dibuat dengan kulit yang renyah, tapi mengatakan dia tidak bisa menikmati rasanya dengan cara penyajian itu."

Para juri dikritik keras karena komentar mereka soal ayam rendang yang dianggap sebagai makanan khas Malaysia itu.

Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, Menteri Luar Negeri, Anifah Aman, dan Komisioner Tinggi Inggris untuk Malaysia, Vicki Treadell, juga ikut berpendapat dalam kontroversi itu. Mereka mengatakan tidak ada rendang crispy yang renyah dan garing.

TEMPO.CO


Penulis TEMPO
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore