Masa Pandemi, Saatnya Kembali ke Pola Hidup Sehat Alami

Arya | 11 Agustus 2020 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di tengah Pandemi—yang entah kapan kan berakhir ini, menjaga  kesehatan dan mematuhi protokol  menjadi prioritas.  Kita mau enggak mau dipaksa mengubah kebiasaan lama yang kurang sehat, menjadi benar-benar peduli pada pola hidup  sehat. 

Tubuh yang sehat, tidak didapat dalam sekejap mata. Pemilihan tentang apa yang harus kita makan dan tidak sangat menentukan. Demikian dengan gaya hidup kita sehari-hari, manajemen stres, dan pola istirahat yang cukup,  sangat membantu menjaga tubuh tetap sehat.  

Apakah kita sudah mengutamakan mengonsumsi sayur mayur, buah-buahan ketimbang makanan olahan, tinggi gula dan minim nutrisi? Dapat dipastikan, kehidupan masyarkat kota yang serba cepat, membuat manusia kekinian mencari solusi cepat dan praktis  untuk makanan yang dikonsumsi. Akhirnya, apa saja makanan-minuman yang enak, menarik, langsung  masuk perut. Padahal minim nutrisi. Ini sudah terjadi bertahun-tahun. Tubuh kita menerima bahan-bahan yang sebenarnya kurang baik. Membuat daya tahan tubuh rendah, mudah sakit. Dan ketika wabah datang? Orang awam dengan mudah terserang virus. Sementara para tenaga kesehatan yang sudah kelelahan pun akhirnya tumbang. 

Namun kita belajar dari Pandemi ini. Dan mungkin ini cara Tuhan untuk mengajak kita kembali merenung. Mengevaluasi  gaya hidup kita selama ini. Kembali ke alam, adalah cara yang terbaik. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, stop atau kurangi gula putih dan makanan olahan  yang biasa terbuat dari tepung2an.  Jangan lupa, nikmati hangat sinar matahari pagi yang kaya vitamin D dan jangan lupa bergerak! Yaitu olahraga. 
Saat ini, masyarakat juga banyak yang melakukan bercocok tanam dengan memanfaatkan halaman rumah. Menanam di wadah atau hidroponik bisa menjadi pilihan. Sambil menyemai benih, mengurus tanaman, tentu membuat tubuh banjir keringat kena sinar matahari yang membuat hidup lebih hidup! 

Banyak sekali hikmah pandemi ini bukan? Selanjutnya, kita akan bahas, detail seperti apa pola keseharian kita selama wabah ini, agar kita tetap sehat, fisik dan  mental. Salam Sehat! 
(Arya) 
 

Penulis : Arya
Editor: Arya
Berita Terkait