Memaknai Pesan Mural Bergambar Jokowi dengan Tulisan 404: Not Found

Redaksi Minggu, 15 Agustus 2021 15:30:30
Memaknai Pesan Mural Bergambar Jokowi dengan Tulisan 404: Not Found

TABLOIDBINTANG.COM - Mural bergambar Presiden Jokowi dengan tulisan 404: not found di kolong jembatan layang Tangerang bikin heboh. Polisi sampai turun tangan mencari pelaku yang membuat lukisan di dinding itu. Tapi apa kira-kira pesan yang ingin disampaikan si pembuat mural?

Tulisan 404: not foun yang berada di mural itu tampaknya mengacu pada terminologi dalam dunia teknologi/internet. Anda yang biasa browsing pasti sesekali pernah menemukan halaman yang Anda buka tidak muncul, yang muncul malah tulisan 404 yang biasanya disertai tulisan page not found atau error. Anda pun kesal dibuatnya.

Dikutip dari techtarget.com, tulisan atau halaman 404 adalah halaman web yang disajikan kepada pengguna yang mencoba mengakses halaman yang tidak dapat ditemukan di URL yang disediakan. Kesalahan 404 menunjukkan bahwa server tempat halaman seharusnya berada telah dihubungi tapi halaman tidak ada di alamat itu, pada saat itu. Kesalahan 404 dapat terjadi saat situs tidak ada lagi, saat halaman atau file dipindahkan atau dihapus, atau saat URL salah ketik.

Saat menemukan 404 bisa jadi laman atau artikel yang Anda cari sudah tidak ada, atau ada kesalahan teknis pada web yang Anda kunjungi.

Semua browser web menyediakan halaman kesalahan 404 default yang menjelaskan kesalahan dan menyertakan tautan ke halaman beranda situs. Namun, banyak situs web membuat halaman 404 khusus untuk menyelaraskan dengan merek dan budaya mereka dan, mungkin, memberikan lebih banyak panduan atau hiburan bagi pengguna.

Mural bergambar sosok mirip Presiden Jokowi dengan tulisan 404: not found itu memang telah dihapus. Tapi pesan yang tersirat dalam gambar itu sudah terlanjur menyebar, dan bisa dimakanai sesuai selera masing-masing. Mungkin si pembuat mural ingin mengakatan Presiden Jokowi tak ada saat diperlukan, seperti halaman web yang hilang dibuka. Atau bisa juga sekedar menulis tanpa maksud tertentu, semata karena senang dengan istilah 404 not found. Atau bisa juga si pembuat mural sebetulnya sedang kesal pada web favoritnya tapi setiap kali dibuka yang muncul malah tulisan 404 not found.

Apapun pesan yang ingin disampaikan, si pembuat mural sudah sukses mencuri perhatian lewat penggunaan idiom 404 not found.


Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore