Diskon Besar-Besaran Hingga 99% Pada 9 September, Apa Makna di Balik Angka 9.9 Ini?

Ria M (Anggota Perempuan Indonesia Satu) Jumat, 10 September 2021 23:30:04
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Tanggal 9 September 2021 jadi salah satu hari yang ditunggu-tunggu oleh pemburu diskon. Pasalnya, pada tanggal 9.9 ini banyak lapak yang menawarkan diskon khusus dengan angka fantastis, bahkan hingga potongan harga 99%.

Tak hanya itu, platform tertentu bahkan mengadakan acara khusus pada tanggal 9.9 ini. Sebagian mengundang grup band K-Pop asal Korea Selatan untuk memeriahkan acara.

Namun sebenarnya, apa makna di balik angka 9 ini? Kenapa tanggal 9.9 menjadi istimewa sehingga dipilih sebagai hari untuk memasarkan produk secara massif? Berikut sekumpulan informasi terkait angka ini.

Makna dalam budaya tertentu

Angka 9 memang istimewa, khususnya bagi masyarakat Jawa, China, dan Jepang. Di tanah Jawa, angka ini sering dihubungkan dengan sejarah sembilan wali songo pada awal masuknya Islam. Namun, ada juga yang mengaitkannya dengan Candi Gedong Songo di Semarang. 

Adapun pemahaman lain untuk menafsirkan makna mistik dari angka 9 di Jawa bisa dikaitkan dengan tulisan ‘Jawa’ yang terdiri dari huruf ‘jim’ dan ‘wawu’ di mana masing-masing memiliki bobot nilai. Huruf jim bernilai 3 sedangkan wawu bernilai 6, jika ditambahkan keduanya hasilnya menjadi angka 9. 

Sementara itu, soal angka 9 bagi masyarakat China pun tak kalah menarik. Catatan sejarah khusus tentang angka ini sering dimaknai sebagai kesuksesan atau pencapaian tertinggi ini. 

Kekaisaran China kuno sangat dekat dengan hal-hal yang berbau angka 9. Hal ini terlihat dari arsitektur dan kostum kerajaan yang didominasi motif 9 naga.

Misalnya, Dinasti Ming (1368-1644) meyakini kekuatan angka 9 lewat 'Kota Terlarang' di pusat Kota Beijing. Di komplek kerajaan yang sampai saat ini masih terawat dengan baik terdapat 9.999 bangunan yang melambangkan angka panjang umur dan berkuasa bagi kaisar. 

Berbeda dengan China, Jepang justru menganggap angka 9 sebagai angka yang harus dihindari karena bermakna 'penderitaan'. Angka 9 dianggap sebagai kesialan tertinggi setelah angka 4 yang berarti kematian.

Perhitungan unik matematika

Terlepas dari perbedaan keyakinan dalam budaya Jawa, China, dan Jepang, keunikan angka 9 bisa dilihat dari hitungan matematika. Angka 9 ternyata memiliki perhitungan yang unik.

Pertama, tanggal 9 September merupakan hari ke 252 dalam satu tahun. Jika masing-masing angka itu dijumlahkan, maka hasilnya seperti ini: 2+5+2=9.

Lalu, penjumlahan dari 2 digit angka hasil perkalian angka 9 dengan angka lain, hasilnya pasti akan 9. Contohnya, 9x4=36 dan 3+6=9.

Bahkan penjumlahan dari hasil perkalian angka 9 dengan 2 digit, 3 digit atau 4 digit angka apa pun, akan menghasilkan angka yang jika dijumlahkan lagi akan bernilai 9. Misalnya, 9x62=558, 5+5+8=18, dan 1+8=9.

Adapun angka berapa saja jika dikalikan dengan 9, dan kemudian angka-angka hasilnya dijumlahkan, maka hasilnya 9. Contohnya, 2×9=18, 1+8=9 atau 4×9=36, 3+6=9, dan 11×9=99, 9+9=18, 1+8=9.

Kelahiran terbanyak AS

Fakta unik lain dari tanggal 9 September adalah tanggal ini ternyata paling populer sebagai tanggal kelahiran warga Amerika Serikat. Dikutip dari majalah Time, hari ulang tahun paling populer di AS jatuh pada tanggal 9 September.

Selain itu, menurut penelitian yang pernah dilakukan Harvard University terhadap kelahiran pada rentang tahun 1973 hingga 1999, angka kelahiran terbanyak terjadi pada tanggal 16 September.

Pada 2015, The Daily Viz juga pernah mengadakan survei serupa, yang mengambil rentang tahun 1994 hingga 2014. Hasilnya, angka kelahiran terbanyak jatuh pada tanggal 9 September.

September memang adalah bulan dengan angka kelahiran paling tinggi. Terutama pada tanggal 9 sampai 20 September. Sebaliknya, bulan-bulan seperti Desember, Januari, dan Februari menempati posisi terbawah dalam angka kelahiran. 

Sifat penyuka angka 9

Angka 9 juga ternyata dipercaya menentukan karakter orang yang menyukainya. Menurut Felicia Bender, ahli numerologi praktis, mengatakan rumah dengan nomor 9 adalah tempat yang penuh rasa kemanusiaan.

Dengan kata lain, sosok yang menyukai angka sembilan adalah orang yang punya rasa empati tinggi, belas kasih, ikhlas, mampu menerima, dan menyukai komunitas yang memang berguna untuk masyarakat.

Banyak orang tertarik dengan energi positif penyuka angka sembilan karena dia memiliki sikap hangat yang menyenangkan dan tidak mementingkan diri sendiri. Dia tipe orang yang peduli dengan sekitarnya dan sebisa mungkin bisa banyak beramal dan bisa mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Sosok yang menjadikan angka sembilan sebagai angka favorit adalah tipe orang yang punya sisi kerohanian yang tinggi. Tidak heran jika dia adalah orang yang tampak tenang. Begitulah kepribadian pecinta angka 9.


Penulis Ria M (Anggota Perempuan Indonesia Satu)
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore