Optimalkan Digitalisasi pada 6 Sektor Strategis, Direktorat Ekonomi Digital Kominfo Gelar Sharing Session

Redaksi | 27 Oktober 2022 | 01:00 WIB

Dalam menjalankan tugasnya sebagai fasilitator dan akselerator transformasi digital, Direktorat Ekonomi Digital Kominfo menggelar acara Insight Sharing Session: 
Transformasi  Digital di 6 sektor strategis seperti pertanian, maritim, logistik, pendidikan, kesehatan dan pariwisata. Acara yang digelar Senin (24/10) di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat dihadiri oleh pemangku kepentingan ekosistem digital Indonesia termasuk Kementerian Lembaga Dinas baik dari tingkat Pusat maupun Daerah.

TABLOIDBINTANG.COM - Insight Sharing Session: Transformasi  Digital digagas sejalan dengan visi Indonesia 2045 dan rencana strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) 2020-2024. Di mana, salah satu tujuan strategis Kemenkominfo adalah untuk mendorong percepatan transformasi digital.

Acara Insight Sharing Session dibuka oleh Ir. I Nyoman Adhiarna M. Eng, Ph.D. selaku Direktur Ekonomi Digital bersama Kearney, sebuah perusahaan konsultansi manajemen global. 

Dalam pelaksanaannya acara tersebut dibagi beberapa sesi diskusi dipandu oleh tenaga ahli dan praktisi pada sektor terkait serta berkolaborasi dengan sejumlah start-up di 6 sektor strategis.

Dengan mengedepankan model kolaborasi dan kerjasama yang erat, Kominfo mengharapkan terciptanya ekosistem ekonomi digital Indonesia yang inklusif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Acara ini adalah refleksi terhadap besarnya harapan bagi masa depan digital Indonesia dan merupakan simbol komitmen Pemerintah untuk mewujudkan potensi digital Indonesia

“Dalam upaya menjalankan transformasi digital ini, kami tidak dapat bergerak sendiri. Kami akan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Kami juga akan mendorong pengembangan ekosistem digital diantaranya para pelaku start-up digital yang dapat mendukung pengembangan sektor strategis sehingga diharapkan memberikan dampak signifikan  terhadap kemajuan perekonomian Indonesia," ujar Ir. I Nyoman Adhiarna M. Eng, Phd, Direktur Ekonomi Digital Kominfo dalam siaran pers yang diterima wartawan.

Shirley Santoso, Managing Partner dan Presiden Direktur, Kearney Indonesia menambahkan bahwa transformasi digital yang inklusif adalah komponen penting untuk mencapai Visi Indonesia 2045. 

"Melalui diskusi dan kolaborasi yang erat dengan stakeholders, strategi dan solusi digital yang tepat dapat dirumuskan untuk meningkatkan penggunaan teknologi di sektor strategis, meningkatkan akses dan kualitas layanan, meningkatkan efisiensi sektor dan mengembangkan ekosistem digital sektor-sektor prioritas,” jelas Shirley.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait