Tiba-tiba Ada Wanita Mengaku Dihamili Seperti Disya Rosa, Duh Harus Bagaimana?

Suyanto Soemohardjo | 6 April 2018 | 14:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Henry Baskoro Hendarso atau Enji memang bukan artis. Tapi karena pernah menikah dengan Ayu Ting Ting tampaknya Enji harus menanggung risiko seperti para selebriti. Namanya sering jadi berita. Belum lama ramai diberitakan bercerai dengan istri kedua, Enji kembali jadi berita setelah ada wanita mengaku dihamili. 

Bermula dari somasi yang diunggah akun gosip, wanita yang mengaku dihamili akhirnya muncul dan membeberkan semuanya. Media pun dengan sigap mengabarkan cerita wanita bernama Disya Rosa itu. Disya Rosya mengungkap cerita seputar hubungannya dengan Enji versinya. 

Seorang wanita mengaku dihamili dan menuntut tanggung jawab seperti kisah Disya Rosya dan Enji, sebetulnya sudah sering terjadi. Tak di kota tak di desa. Tak hanya melibatkan orang kaya dan terkenal, tapi juga orang kebanyakan. Kalau ini terjadi pada sepasang kekasih yang sedang dimabuk cinta, persoalannya mungkin tidak akan terlalu ruwet. Tinggal dinikahkan, persoalan beres. Siap tidak siap, karena saling cinta, mestinya tak ada keberatan dari kedua belah pihak untuk menikah. 

Tapi bagaimana kalau kehamilan terjadi karena hubungan sesaat tanpa diawali dengan kisah cinta? Atau salah satu pihak sama sekali tak menginginkan terjadi kehamilan? Ini yang jadi masalah, tak hanya bagi pelaku tapi juga keluarganya.

Tapi apa pun juga kondisinya, entah hubungan sesaat, tanpa cinta, sekadar senang-senang, ada tanggung jawab besar di balik kehamilan yang tak bisa dihindari atau diabaikan oleh siapa pun. Terutama karena ada konsekuensi panjang yang bahkan harus ditanggung seumur hidup. Ibunya bisa dilupakan, tapi anaknya pasti tidak. Tanggung jawab harus diambil, setidaknya sampai saat anak lahir. 

Tiba-tiba dihubungi seorang wanita yang mengaku hamil dan dimintai tanggung jawab, bagi pria yang tak siap, ini lebih mengagetkan dibanding petir di siang bolong. Takut, marah, bingung, entah apalagi. Saat menemani Disya Rosa bicara ke media, pengacaranya sempat bicara soal pelajaran yang bisa dipetik dari kasus ini. Tanpa diingatkan pun, kita, Anda semua pasti sudah tahu pelajaran apa itu. 

Kita semua tahu seks dan cinta tak selalu seiring sejalan. Seks bisa berjalan tanpa cinta. Tapi seperti semua aktivitas manusia, ada konsekuensi di balik semua tindakan, termasuk seks. Ada begitu banyak kisah nafsu sesaat yang harus berujung derita panjang. 

Kita tak tahu persis seperti apa hubungan Enji dan Disya Rosa sebelum isu kehamilan mencuat. Tanpa memahami persoalan yang sesungguhnya, nasihat bisa jadi bukan hanya tak mempan tapi juga tak diperlukan. Tapi nasihat berikut ini berlaku untuk siapa saja. Untuk pria, jangan pernah berhubungan seks dengan wanita manapun kalau tak siap menikahi saat dia hamil. Bagi wanita, jangan pernah mau berhubungan seks dengan lelaki manapun yang tak mau bertanggung jawab kalau terjadi kehamilan. Kalau mau nekat pastikan tak akan terjadi kehamilan. Tapi yang paling baik dan juga indah, jangan pernah ada kehamilan tanpa didahului dengan pernikahan.

(yb/bin)

Penulis : Suyanto Soemohardjo
Editor: Suyanto Soemohardjo
Berita Terkait