Cerita Indra Qadarsih Soal Penyakit Ibunya Hingga Meninggal Dunia

Abdul Rahman Syaukani | 23 Oktober 2018 | 14:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Indra Qadarsih menceritakan dari awal dia dan keluarga mengetahui penyakit yang diderita ibunya, Titi Qadarsih, hingga dia meninggal dunia pada Senin (22/10) kemarin saat dalam perjalanan pulang menuju rumah di bilangan Cinangka, Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Indra Qadarsih mengatakan, keluarga baru tahu Titi Qadarsih menderita penyakit kanker usus stadium lanjut belum terlalu lama. Keluarga tahu setelah wanita berusia 73 tahun itu menjalani operasi.

“Kanker usus ketahuan setelah operasi minggu lalu. Diagnosa pertama masih menebak-menebak. Dokter sendiri belum bisa bilang tapi ada penyumbatan. Dioperasi untuk diambil jaringan, positif kanker sudah menyebar. Tidak bisa diambil apapun, kecuali buat mama merasa nyaman,” terang Indra di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa (23/10).

Dalam kesempatan itu dia juga mengatakan, Titi Qadarsih sudah mendapat perawatan khusus di Rumah Sakit Fatmawati sejak 2 minggu lalu. Namun sebelumnya Titi Qadarsih sempat melakukan rawat jalan.

“Ibu memang dua minggu di Fatmawati. Sudah dua bulan lebih berobat. Dari intensif sampai berobat jalan,” tuturnya.

Jelang meninggal, Titi Qadarsih selalu mendesak keluarga agar membawanya pulang ke rumah. Berhubung terus meminta, dokter akhirnya memberikan izin.

“Terakhir memang beliau kepingin pulang ke rumahnya. Kata dokter nunggu sembuh dulu. Akhirnya mama diizinkan pulang dengan kondisi beliau yang kami hanya bisa membuat beliau nyaman. Waktu itu begitu pas saya bilang, ayo pulang ke Cinangka, Mama mukanya senang dan bahagia banget,” papar Indra.

Pada Senin kemarin, Titi Qadarsih dibawa pulang ke rumahnya menggunakan mobil. Di tengah perjalanan dia menghembuskan napas terakhirnya.

“Saya gendong dari tempat tidur, Mama enggak sadar. Saya bawa ke mobil, Mama enggak sadar. Di mobil nafasnya setengah-setengah. Saya pegang kakinya dingin, saya bacain la ilaha illallah. Susternya bilang sudah tidak ada denyutnya,” tutur Indra dengan ekspresi sedih.

Jenazah Titi Qadarsih dibaringkan dalam peristirahatan terakhirnya di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, tadi siang. Sejumlah artis ikut menghadiri prosesi pemakaman almarhumah. Merek adalah Once Mekel, Bimbim Slank, Makki Ungu, Slamet Rahardjo, Widiawati, Jajang C Noer, Widyawati, dan lain-lain.

(man/ray)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait