Pengalaman Pahit Kate Del Castilo Dijebak Aktor Sean Penn Terkait Kepala Kartel El Chapo

Vallesca Souisa | 12 April 2021 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aktris telenovela Kate Del Castilo, salah satu yang masih eksis hingga hari bahkan hingga di dunia hiburan Hollywood. Pernah melejit di Indonesia lewat telenovela La Mentira bersama Guy Ecker di tahun 1998, telenovela-telenovelanya produksi Meksiko dan Kolombia kebanyakan sukses dan ditonton di 140 negara. 

Pada 2003, Kate membintangi serial Amerika pertamanya bergenre komedi, American Family. Pada 2006, ia debut membintangi film pertamanya di Amerika Serikat Bordertown bersama aktor Hollywood Sean Penn. Berkat film inilah, Kate punya  hubungan cukup denat dengan aktor kelas oscar seperti Sean Penn. Pada 2007, ia pernah diapresiasi sebagai bintang terbaik di tahun tersebut dan masuk daftar 25 wanita paling berpengaruh di dunia, versi majalah People. 

Kehidupan pribadinya tak kalah menjadi sorotan. Selain pernah jadi korban kekerasan rumah tangga oleh suaminya pesepak bola, Luis Gracia, Kate juga pernah menjalin hubungan yang cukup dekat dengan kepala kartel Meksiko yang cukup terkenal Joaqin Guzman atau El Chapo. Gara-gara hubungannya dengan El Chapo, Kate sempat jadi sasaran target pemerintahan Presiden Meksiko Pena Nieto.  

Pada tahun 2012, Kate yang dekat dengan aktor Sean Penn pernah dimintai tolong sang aktor untuk mempertemukannya dengan El Chapo. Kala itu Sean Penn mengaku ingin mewawancarai El Chapo untuk membuat proyek film terkait sang kepala kartel. Kate memercayainya dan membawanya bertemu dengan El Chapo. Setelah pertemuan tersebut, ternyata yang didapatkan Kate sangat mengejutkan!

Sean ternyata menulis di majalan Rolling Storne tentang El Chapo dan menyusun rencana penangkapan El Chapo, bekerjasama dengan pihak kepolisian. Apa yang dilakukan Sean ini hampir membuat Kate dan keluarganya terbunuh! Kate marah besar dan langsung memutuskan hubungannya dengan Sean Penn. 

“Ketika berita itu keluar, aku tidak bicara padanya (Sean) lagi. Dia telah memanfaatkanku seperti pelacur. Dan dia tidak pernah melindungiku. Dia (Sean) telah membahayakan hidupku dan hidup orangtuaku. Adikku dan siapapun yang berada di dekatku. Semua tahu, kalau terjadi sesuatu pada saya saat itu, itu bukan karena kartel, tapi karena pemerintah Meksiko,” ungkap Kate del Castilo. 

Diduga berkat info yang didapatkan Sean Penn, pemerintah Meksiko juga berhasil mendapatkan cara untk menangkap El Chapo. Ini juga berimbas pada Kate. Kate menjadi target pengawasan CISEN, badan intelijen milik pemerintah Meksiko. Kate pun mulai diselidiki terkait dugaan pencucian uang terkait film yang mau dibuat tentang Guzman atau El Chapo. Namun ditangguhkan, karena tak ada bukti kuat. 

Meski begitu, karena Kate punya hubungan yang sangat dekat dengan El Chapo, ia secara tak langsung disingkirkan dari negerinya sendiri. Kate tinggal di Amerika Serikat. Karena begitu ia menginjakkan kaki di Meksiko, maka pemerintah Meksiko akan kembali mengaduk-aduknya. Sembilan tahun Kate tidak kembali ke Meksiko—selama pemerintahan Presiden Pena Nieto. Bahkan ketika ayahnya sakit, kate tidak bisa pulang. 

“Aku harusbertahan hingga masa kepresidenan Piena berakhir. Aku sangat frustasi. Ayahku tinggal di sana dalam keadaan sakit dan aku tidak bisa menemuinya,” ungkap Kate. 
Kate baru kembali lagi ke Meksiko pada tahun 2018, setelah masa pemerintahan Piena berakhir. Saat kembali pun, Kate masih merasa gugup. 

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait