6 Tugu Kenangan Putri Diana Dari Paris Hingga London, Ada yang Dianggap Norak

Vallesca Souisa | 9 Agustus 2021 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - 24 tahun lalu, Putri Diana meninggal secara tragis karena kecelakaan mobil, tepat pada 31 Agustus 1997. Sosoknya sudah tiada. Banyak kehidupan sudah berubah, namun namanya, kisahnya, sosoknya,  kenangannya masih dibicarakan hingga hari ini.  Patung atau tugu pun dibuat dari Paris hingga London, untuk mengenangnya, selain rumah pemakamannya sendiri  Althorp House, di pulau kecil mililk keluarga Spencer. Ini dia beberapa kenangan Putri Diana yang diabadikan. 

Innocent Victims di Harrods, London

Innocent Victims, adalah sebuah patung perunggu Putri Diana dan Dodi Fayed, yang dipajang di pertokoan Harrods—miliki keluarga Dodi Fayed—di Londoh. Patung ini diresmikan pada Agustus 2006, saat peringatan 9 tahun kematian Putri Diana dan Dodi Fayed. Patung ini menggambarkan Diana dan Dodi saling berhadapan, sedang berdansa di Mediterania. Patung ini banyak dikritik. Para wartawan dan kritikus mengatakan karya ini tidak memiliki cita rasa sendi dan norak. Patung ini dipajang di Harrods, dari tahun 2006-2018. Kemudian diangkat, dan dikembalikan ke kediaman keluarga Al Fayed. 

The Colwyn Bay Sculpture

Tidak terlalu terkenal seperti patung-patung atau tugu Diana lainnya, seorang seniman bernama Tom Murphy, membuat patung pahatan Diana, dan dia persembahkan ke Colwyn Bay di Wales. Patung tersebut, menggambarkan Putri Diana di saat ia bersantai, ketika mengunjungi Angola. 

Pemakaman dan Kuil Diana di Althorp House

Putri Diana dikuburkan di pulan kecil di tepi sebuah sungai, bernama sungai Oval di tanah keluarganya, Spencer. Pemakamannya ditandai dengan pilar putih dan guci. Meskipun pengunjung dilarang mengunjungi makam itu sendiri karena masalah keamanan, menurut situs berita gaya hidup The List, selama musim panas para tamu dapat meninggalkan wejangan, bunga-bungan di sebuah kuil yang terletak di seberangnya. Struktur kuli kecil ini bergaya Doric, di sana tertulis nama Diana dan tercetak siluet Diana dari marmer hitam putih. 

The Bloxwitch Statue

Patungnya di Harrods mungkin pernah dkritik “norak”. Tapi patung yang terbuat dari batu granit ini, tampak berbeda. Pemahat Stonemason Andrew Walsh membuat patung ini dengan harapan bisa dipajang di kota Walsall, West Midland. 
Menurut The Daily Express, pembukaan akbarnya dibatalkan setelah walikota kota menyebutnya "aneh" dan seorang anggota parlemen lokal dilaporkan mengatakan itu "lebih mirip Diana Ross". Itu juga gagal mendapatkan persetujuan kerajaan.

Segalanya berubah menjadi lebih buruk setelah pernis hitam mengkilap asli patung itu dihapus untuk memberinya lebih banyak nada abu-abu, dan lumut mulai menutupi karya seni, yang menyebabkan penduduk setempat mengatakan bahwa patung itu mirip Putri Fiona dari waralaba Shrek, lapor The Daily Express . Sekarang berdiri di luar toko pemakaman Walsh di Bloxwitch, Walsall.

The Diana, Princess of Wales Memorial Fountain in London

The Diana, Princess of Wales Memorial Fountain di London dibuat untuk mengabadikan semangat dan cinta Diana kepada anak-anak. Terletak di Hyde Park, dibuka secara resmi pada tahun 2004 oleh Ratu Elizabeth. Kebetulan, pada saat pembukaannya, di sinilah untk kali pertamanya juga keluarga Windsors dan Spencer terlihat bersama, setelah tujuh tahun kepergian Putri Diana. 

Place Diana in Paris

Tahukah Anda bahwa patung Flame of Liberty yang ikonis di Paris sebenarnya bukanlah peringatan resmi untuk Putri Diana? Replika obor Patung Liberty AS yang di Paris ini, potongan awalnya melambangkan hubungan persahabatan antara Prancis dan AS, tetapi lokasinya di ujung utara terowongan Pont de l'Alma, tempat Diana meninggal secara tragis di dalam mobil. Sehingga, secara tak langsung menjadi peringatan tidak resmi baginya. Situs ini secara resmi bernama Place Diana, sejak tahun 2019

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait