KALEIDOSKOP 2018: 7 Lagu Indonesia Paling Viral

Binsar Hutapea Jumat, 28 Desember 2018 19:30:23
Penampilan Via Vallen di acara pembukaan Asian Games 2018. (INASGOC)

TABLOIDBINTANG.COM - Sepanjang 2018, banyak penyanyi dan band Indonesia merilis lagu. Di antara banyak rilisan, ada sejumlah lagu yang yang menjadi viral. Berikut adalah lagu milik penyanyi atau band Indonesia yang viral di 2018. 

1. Lagi Syantik - Siti Badriah

Siti Badriah merilis video klip "Lagi Syantik" lewat kanal YouTube Nagaswara Official pada 22 Maret 2018. Begitu dirilis, video lagu yang menggabungkan unsur dangdut dan musik elektronik berdurasi 3 menit 53 detik itu langsung mencuri perhatian khalayak. Buktinya, di hari pertama setelah dipublikasikan, video musik “Lagi Syantik” ditonton lebih dari 2 juta kali. Setelah itu, lagu tersebut mencapai angka puluhan juta views dalam tempo yang singkat. Saat ini, "Lagi Syantik" telah mendulang views sebanyak 439 juta.  

Salah satu faktor yang membuat lagu ini viral adalah banyaknya orang yang membuat video di aplikasi Tik Tok dengan diiringi "Lagi Syantik". Banyak yang bernyanyi dan berjoget dengan iringan lagu “Lagi Syantik” menggunakan aplikasi asal Tiongkok tersebut. Tidak terkecuali artis-artis seperti Elly Sugigi dan Andhika Kangen Band.

 “Aku lihat pertama dari negara tetangga (Malaysia), ada yang dance pakai lagu 'Lagi Syantik' di aplikasi Tik Tok. Ternyata makin ke sini makin banyak yang lip sync dengan laguku di Tik Tok. Senang, dengan adanya aplikasi itu banyak yang tahu lagu saya. Apalagi beberapa teman artis juga cover lagu itu. Ini kebanggaan tersendiri buatku. Bikin aku lebih bersemangat," kata Siti Badriah dalam ses-i wawancara dengan tabloidbintang.com beberapa waktu lalu. 

Tak hanya viral, "Lagi Syantik" juga sempat bertengger di posisi teratas tangga lagu. “Lagi Syantik” sempat bertengger di peringkat pertama tangga lagu iTunes Indonesia dan Malaysia, mengalahkan “Ya Maulana” dari Sabyan. Menariknya lagi, lagu tersebut sempat masuk chart Billboard kategori YouTube. Lagu itu berada di posisi 12, dan berada di bawah lagu-lagu dari penyanyi internasional seperti "Girls Like You" dari Maroon5 feat Cardi B, "No Tears Left To Cry" dari Ariana Grande dan juga lagu "Ddu Du Ddu Du" dari BlackPink. 

Berkat "Lagi Syantik" Siti Badriah juga mendapat piagam penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).  Penghargaan itu diberikan karena video klip "Lagi Syantik" ditonton hingga 300 juta kali dalam kurun waktu empat bulan sejak diunggah di YouTube.

Siti Badriah sendiri mengaku tak menyangka “Lagi Syantik” akan meledak dan menjadi viral. “Sama sekali enggak ada feeling kalau ini lagu bakalan booming," tutur penyanyi yang sempat mengecap sukses lewat lagu “Berondong Tua” ini.

2. Menunggu Kamu - Anji 

Anji dipercaya membawakan lagu soundtrack film Jelita Sejubaini bertajuk "Menunggu Kamu". Lagu itu bertutur tentang perempuan yang menjalani hubungan jarak jauh dengan sang kekasih. "Menunggu Kamu". Lagu ini mendapat respons dari pendengar. Terbukti dari masuknya lagu tersebut sebagai salah satu lagu paling banyak dicari di Google Indonesia. Video musik "Menunggu Kamu" juga masuk dalam 10 video musik terpopuler di YouTube. 

3. Korban Janji - GuyonWaton

"Korban Janji" termasuk dalam 10 lagu dengan pencarian terbanyak di Google Indonesia selama tahun 2018. Video musik lagu yang diunggah di YouTube pada April 2018 ini telah mencapai angka lebih dari 33 juta tontonan dengan perolehan like mencapai 190 ribu. Capaian itu cukup untuk menyebut "Korban Jani" sebagai salah satu lagu Indonesia yang viral di 2018. 

GuyonWaton sendiri merupakan band asal Yogyakarta yang mengusung genre campursari dan koplo dangdut. Grup musik asal Yogyakarta ini diisi oleh Achmad Arifin (gitar), Faisal Bagus Ibrahim (vokal), Hieronimus Ferry Widiyatmoko (melodi), Ndika Rismaya Pelma Arga (ukelele), dan Ahmad Wahyu Susilo Jati (ketipung).

4. Deen Assalam - Sabyan Gambus

Pada Mei 2018, Sabyan Gambus mengunggah tembang "Deen Assalam" ke kanal YouTube-nya. Lagu berbahasa Arab tersebut aslinya dinyanyikan penyanyi asal Uni Emirat Arab Sulaeman Al Mughny. Tak butuh waktu lama, lagu itu pun menjadi viral dan meraih jutaan views di YouTube. Sampai saat ini, video musik "Deen Assalam" Sabyan Gambus telah ditonton sebanyak 185 juta kali. Namun yang paling fenomenal, berkat Sabyan Gambus "Deen Assalam" tercatat sebagai lagu kedua terbanyak yang dicari melalui mesin pencarian Google Indoesia. 

Selain "Deen Assalam", Sabyan Gambus juga punya beberapa lagu lain yang viral. Seperti lagu “Habibal Qalbi” yang telah ditonton lebih dari 250 juta kali di YouTube dan juga "Ya Maulana" yang menorehkan angka 201 juta views

Dalam Anugerah Syiar Ramadan 2018 yang diselenggarakan KPI, MUI, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga RI beberapa waktu lalu, Syaban meraih penghargaan kategori Grup Musik/Penyanyi. Sementara “Ya Maulana” diganjar Piala AMI Awards 2018 kategori Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Islami Terbaik.

5. Meraih Bintang - Via Vallen

Via Vallen menyemarakkan Asian Games 2018 dengan menyanyikan lagu theme song ajang tersebut yang bertajuk "Meraih Bintang". Lagu ciptaan Pay BIP tersebut memadukan dangdut dan pop modern. Adapun video lagu tersebut dirilis secara resmi pada Juni 2018 lewat kanal YouTube Asian Games 2018. 

Mendekati ajang Asian Games 2018 yang dihelat mulai 18 Agustus, popularitas lagu itu mulai melambung. Lajunya kian tak terbendung selama ajang pesta olahraga Asia 4 tahunan itu berlangsung. Pada masa itu, lagu itu nyaris diputar di mana-mana. Tak hanya diputar di televisi dan radio, banyak awam memainkan lagu itu untuk memeriahkan ajang Asian Games 2018. Barangkali, salah satu hal yang paling diingat dari pesta olahraga tersebut adalah lagu "Meraih Bintang".  

Lagu "Meraih Bintang" tak hanya membius penikmat musik lokal. Sejumlah penyanyi asal luar negeri juga meng-cover lagu itu. Salah satu yang paling populer adalah lagu "Meraih Bintang" berbahasa Arab yang dinyanyikan Aseel. 

Di YouTube, lagu "Meraih Bintang" telah ditonton sebanyak 114 juta kali. Lagu ini juga termasuk salah satu lagu yang paling dicari dalam mesin pencarian Google Indonesia di 2018. 

Di pengujung 2018, Via Vallen memiliki lagu lain yang viral. Judulnya "Selow". Baru tiga minggu setelah dirilis di YouTube, lagu itu meraih 25 juta views

content

6. Karna Su Sayang - Dian Sorowea feat. Near

Salah satu keajaiban internet adalah membuat seseorang terkenal dalam sekejap. Hal itulah yang terjadi pada penyanyi wanita berumur 16 tahun asal Flores, Dian Sorowea. Bersama rapper Near, Dian Sorowea melambung berkat lagu "Karna Su Sayang". 

Dian Sorowea tak pernah menduga punya lagu yang bakal viral. Semula, ia bertemu Near untuk audisi penyanyi. "Saya ketemu Kak Near dua hari sebelum rekaman lagu Karna Su Sayang. Waktu itu saya ikut audisi di salah satu kafe di Maumere," cerita Dian Sorowea di Studio Trans TV, Jl. Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (31/10).

"Kebetulan guru saya tempat tinggalnya berdekatan dengan tempat tinggalnya Kak Near. Jadi dikenalkan saya dengan Kak Near, " ungkap Dian Sorowea.

Perkenalan pun berlanjut, guru yang mengetahui bakat muridnya itu pun menunjukkan video Sorowea menyanyi kepada Near. Ia kemudian langsung setuju duet menyanyikan lagu "Karna Su Sayang".

"Terus dikirim lagu Su Sayang itu. Kak Near kirim reff nya. Terus nyanyi pake gitar. Terus saya disuruh latihan di rumah Ka Near besok nya. Terus pulang. Besok paginya Kak Near chat 'Adek lagunya sudah ada di YouTube, tapi masih video lirik'. Habis itu tidak tahu kalau langsung di upload, terus tiba tiba viral. Lagu itu ciptaannya Kak Near," pungkas Dian Sorowea.

Populer dalam tingkatan lokal, lagu itu kemudian terkenal dalam skala yang lebih luas. Penyebabnya, lagu itu dinyanyikan ulang oleh Via Vallen dan sejumlah penyanyi dangdut terkenal lainnya. 

"Karna Su Sayang" sendiri tercatat berada di urutan pertama sebagai lagu paling dicari lewat mesin pencarian Google Indonesia. 

7. Sayur Kol - Punxgoaran

Band punk asal Pematang Siantar Punxgoaran merilis lagu "Sayur Kol" pada Agustus 2017 lewat kanal YouTube-nya. Siapa sangka, baru lebih dari setahun kemudian lagu itu populer. Penyebab melambungnya lagu itu pun tak diduga. 

Belakangan beredar video bocah perempuan menyanyikan lagu "Sayur Kol". Kombinasi lirik lagu "Sayur Kol" yang unik serta cara menyanyi yang menggemaskan membuat video tersebut menjadi viral di dunia maya. Hal ini berimbas positif pada Punxgoaran. Video klip "Sayur Kol" yang semula hanya ditonton puluhan ribu melonjak menjadi jutaan views. Popularitas Punxgoaran pun melompat dari lokal menjadi skala nasional. 


(bin/bin)

Penulis Binsar Hutapea
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.