KALEIDOSKOP 2018: Konser Artis Mancanegara Paling Mengesankan

Binsar Hutapea | 28 Desember 2018 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sepanjang 2018 ini ada banyak musisi mancanegara menggelar konser. Sebagian menggelar konser untuk pertama kali, sementara sebagian lagi merupakan pertunjukan untuk ke sekian kali. Di antara banyak konser yang tabloidbintang.com saksikan, ada beberapa yang terbilang mengesankan. Berikut adalah daftarnya: 

1. Liam Gallagher

Konser Liam Gallagher bertajuk "As You Were" diselenggarakan di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara, pada Minggu, 14 Januari 2018.  Ini merupakan kali pertama Liam Gallagher mengunjungi Jakarta, setelah sekian lama ditunggu penggemarnya. Pasalnya, Liam Gallagher lebih dulu populer bersama band Oasis sejak era 1990-an.

Dalam konsernya, Liam Gallagher mengajak penonton bernostalgia dengan lagu-lagu milik Oasis seperti "Fucking the Bushes", "Rock N' Roll Star", M"orning Glory", "Champagne Supernova", "Cigarettes and Alcohol", dan "Wonderwall". Dalam penampilannya, Liam Gallagher juga menghadirkan lagu-lagu solonya seperti "Wall of Glass", "Paper Crown", dan "For What It's Worth".  

Liam Gallagher tampil dengan gaya khasnya di Jakarta dengan mengenakan jaket parka hitam. Ia bernyanyi berdiri sembari memainkan gitar. Kualitas vokalnya prima dan tidak jauh berbeda seperti dulu. 

2. David Foster 

David Foster menggelar konser “Hitman: David Foster and Friends” di Colomadu, Jawa Tengah, pada 24 Maret 2018. Konser yang digagas Rajawali Communications Indonesia dan PP Properti ini menyandingkan David Foster dengan Anggun, Brian McKnight, Shandy Sondoro, Yura Yunita, dan Dira Sugandi. 

Tampil sekitar 2 jam, David Foster dan kawan-kawan menghibur dan membuat hampir 3 ribu penonton bernostalgia. Termasuk tamu kehormatan Mentri BUMN Rini Sumarno dan Mentri Ketenaga Kerjaan, Hanif Dhakiri.

Buat David Foster, ini merupakan kali ke-20 datang ke Indonesia.  “Saya sudah 20 kali berkunjung ke Indonesia. Yang membuat saya suka berada di Indonesia, negara ini punya banyak penyanyi berkualitas bagus. Saya menduga, masyarakat Indonesia memang suka menyanyi,” ujarnya.

3. The Chainsmoker

Duet electronic dance music (EDM) The Chainsmokers tampil di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada Jumat 30 Maret 2018. Adapun pertunjukan ini dipromotori Townsquare Entertainment, TEM, dan Disruptor.

Di hadapan 15.000 penonton, duo Alex Pall dan Andrew Taggart  membawakan sejumlah hits seperti "Don't Let Me Down", "Split", "Roses", "Paris", "Break Up Every Night", dan juga "Something Just Like This". Tampil enegrik, The Chainsmokers sukses membuat penonton terus bergoyang selama konser.

Ini merupakan konser perdana The Chainsmokers di Jakarta. Tapi sebelumnya The Chainsmokers pernah tampil di Jakarta Electro Run 2015. Remaja usia SMA hingga awal 20-an terlihat mendominasi lokasi konser. 

4. Celine Dion

Celine Dion menggelar konser di Sentul International Convention Center pada Sabtu 7 Juli 2018. Konser bertajuk "Celine Dion Live in Jakarta 2018" ini merupakan aksi pertama sang diva di Tanah Air setelah puluhan tahun berkarier.

Dalam konsernya, Celine Dion memboyong hits seperti "The Power of Love", "That’s The Way It Is", "I’m Alive", "Because You Loved Me", "It’s All Coming Back to Me Now", "Beauty and the Beast", dan "To Love You More". Tentu saja Celine Dion juga menyanyikan tembang 

"My Heart Will Go On" yang menjadi encore konser Celine Dion di Jakarta. Sang diva sukses membuai penonton dengan vokal kuat serta melodi dramatis lagu tersebut. Penonton seakan bernostalgia ke tahun 1997 saat menyaksikan kisah cinta Leonardo Dicaprio dan Kate Winslet dalam Titanic.

"Celine Dion Live in Jakarta 2018" menjadi pembuktian eksistensi sang diva. Predikat tersebut tidak diragukan lagi saat melihat aksinya langsung. Dalam usia 50 tahun, Celine Dion masih sanggup membawakan lagu-lagunya dengan vokal prima, menampilkan aksi panggung gemilang, dan berinteraksi asyik bersama penonton.

5. Paramore

Hayley Williams, Zack Farro, dan Taylor York sukses mengobati rasa penasaran fans Indonesia lewat konser bertajuk "After Laughter". Mereka sebenarnya dijadwalkan hadir pada Februari 2018, namun batal di hari H lantaran kesehatan Hayley Williams terganggu. 

Meski sempat batal, tetap saja antusiasme fans tak menyurut. Teriakan memenuhi Hall 10 Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, saat Paramore membuka konsernya tepat pukul 20.00 WIB, Sabtu 28 Agustus 2018. Teriakan tersebut nyaris tak pernah berhenti terdengar selama Paramore membawakan 20 tembang di konser tersebut.

Selain memboyong sejumlah lagu hits, dalam konser itu Paramore sempat memberikan sesi khusus untuk bernostalgia saat pertama kali ke Indonesia, tujuh tahun lalu. 

"Pertama kali aku ke sini 2011, sangat menyenangkan. Kami saat itu membawakan lagu-lagu (dari album) Brand New Eyes. Senang bisa kembali ke sini dan terima kasih sudah tumbuh bersama kami," ungkap Hayley Williams. 

6. Clean Bandit

Meski tampil tanpa pemain Cello Grace Chatto, Clean Bandit tetap tampil maksimal dalam konser mereka di Jakarta  bertajuk Clean Bandit Live in Jakarta "I Miss You Tour 2018" yang digelar di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan, Senin 20 Agustus 2018. 

Absennya Grace Chatto yang menderita sakit diisi oleh pemain biola Molly Fletcher. Aksi biola Molly Fletcher membuka penampilan Clean Bandit. 

Mereka membuka konser dengan membawakan lagu "Symphony". Dalam versi aslinya, lagu ini adalah hasil kolaborasi antara Clean Bandit dengan Zara Larsson. Tak ketinggalan, di konser itu Jack Patterson dan Luke Patterson membawakan lagu-lagu hits Clean Bandit lainnya seperti "Solo","Rather Be", dan "Rockabye".

7. Guns N' Roses

Setelah di Ancol pada 2013, grup band rock asal Amerika Serikat Guns N' Roses kembali mengebrak Jakarta pada Kamis, 8 November 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan dalam konser bertajuk "Not in This Lifetime... Tour". 

Kali ini, Guns N' Roses memuaskan dahaga penggemar dengan formasi lengkap: Axl Rose (vokal, piano), Duff McKagan (bass), Slash (gitar 1), Dizzy Reed (keyboard), Richard Fortus (gitar 2), Frank Ferrer (drum), dan Melissa Reese (kibor).

Dalam konser yang dimulai pukul 20.00 itu, salah satu ikon hard rock dunia ini tampil selama tiga jam dan membawakan nyaris 30 lagu di atas panggung.

Meski telah berusia 56 tahun, sang vokalis Axl Rose masih terlihat energik di panggung. Berdandan dengan ciri khas, slayer merah diikat di kepala dan kemeja flanel di pinggul, Axl Rose tak berhenti berlari-lari, seolah panggung menjadi arena bermainnya. Namun, sebagian penonton menilai suata Axl Rose tak melengking seperti dulu.

Dari segi sound dan pencahayaan, konser Guns N' Roses di Jakarta terbilang spektakuler. 

(bin)
 

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait