Daftar 6 Kota yang Sudah Memiliki Disneyland, Boyolali Akan Menyusul?

Andira Putri Tuesday, 18 April 2017
Di Disneyland, orang-orang bisa berfoto bareng karakter Disney (Tempo)

TABLOIDBINTANG.COM - Kabar pembangunan Disneyland di Boyolali, Indonesia sempat menghebohkan publik belakangan ini. Publik antusias mendengar pernyataan Bupati Boyolali, Seno Samodro yang berniat membangun Disneyland di sana. Sayang, harapan publik pupus setelah The Walt Disney Company Southeast Asia membantah kabar tersebut.

Kehadiran Disneyland di Boyolali sepertinya belum terwujud dalam waktu dekat. Sambil menunggu dan berharap, Anda bisa lebih dulu menyimak keberadaan Disneyland di 6 kota di bawah ini.

1. Florida (Amerika Serikat)

Disneyland Florida mulai beroperasi pada tanggal 1 Oktober 1971. Taman rekreasi ini memiliki lahan seluas 40 mil persegi sehingga sama seperti luas kota San Fransisco.

Disneyland di Florida (Telegraph)
Disneyland di Florida (Telegraph)

Lahan yang luas membuat Disneyland Florida mampu menampung rangkaian wahana inovatif dalam empat bagian taman. Contohnya adalah wahana berdasarkan film Avatar dan Star Wars.

2. California (Amerika Serikat)

Disneyland California adalah satu-satunya taman rekreasi yang dibangun dalam pengawasan langsung oleh Walt Disney. Taman rekreasi ini mulai dibuka untuk umum pada 17 Juli 1955.

Disneyland di California (Parkandresorts)
Disneyland di California (Parkandresorts)

Meski sama-sama berada di Amerika Serikat, Disneyland California berbeda dengan Disneyland Florida. Disneyland California menghadirkan bagian taman lebih banyak, yaitu delapan. Kemudian ikon istananya diambil dari kisah Sleeping Beauty, bukan Cinderella seperti Disneyland Florida. 

3. Paris (Prancis)

Disneyland Paris dibuka pada 12 April 1992. Kehadirannya terasa spesial karena menjadi Disneyland pertama yang hadir di benua Eropa. Karena itu, Disneyland Paris memiliki bagian taman bertajuk Discoveryland.

Disneyland di Paris (Pmcvariety)
Disneyland di Paris (Pmcvariety)

Taman ini menampilkan berbagai wahana yang terinspirasi dari penemu asal Eropa. Salah satunya adalah Leonardo Da Vinci dengan wahana Orbitron.

4. Tokyo (Jepang)

Jika Paris menjadi kota pertama di benua Eropa, maka Tokyo adalah kota pertama Disneyland di benua Asia. Disneyland Tokyo mulai beroperasi pada tanggal 15 April 1983.

Disneyland di Tokyo (Parkandresorts)
Disneyland di Tokyo (Parkandresorts)

Pembangunan Disneyland Tokyo dirancang menyerupai Disneyland California dan Magic Kingdom, Disneyland Florida. Namun, ada perbedaan besar dimana Tokyo juga membangun DisneySea yang berlatar belakang laut dan gunung merapi. 

5. Hong Kong

Disneyland Hong Kong diperkenalkan di publik pada 12 September 2005. Pembangunannya menarik karena Disney mencoba beradaptasi dengan budaya lokal.

Disneyland di Hong Kong (Discoverhongkong)
Disneyland di Hong Kong (Discoverhongkong)

Disneyland Hong Kong dibangun berdasarkan feng shui agar selalu diliputi keberuntungan. Kemudian para petugas Disneyland Hong Kong dituntut untuk bisa berbahasa Mandarin, Kanton, dan Inggris. 

6. Shanghai (Tiongkok) 

Shanghai merupakan kota teranyar yang memiliki Disneyland. Taman rekreasi ini baru dibuka untuk umum tanggal 16 Juni 2016 lalu. Mirip dengan Hong Kong, Disney juga beradaptasi dengan budaya lokal untuk Disneyland Shanghai.

Disneyland di Shanghai (Disney.go)
Disneyland di Shanghai (Disney.go)

Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan atraksi Garden of the Twelve Friends. Atraksi ini menampilkan karakter-karakter Disney dan Pixar sebagai dua belas binatang zodiak Tiongkok.

 

(dira/wida)

Penulis Andira Putri
Editor Wida Kriswanti
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.